Berita Bekasi Nomor Satu

Resep Racikan Immune Booster yang Praktis dan Mudah Dibuat di Rumah

Ada beragam cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi minuman sehat. (Freepik)

RADARBEKASI.ID,BEKASI-Minuman untuk daya tahan tubuh umumnya mengandung vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas. Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin, tubuh akan lebih kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit. Dilansir dari Homefield Grange, berikut 5 ide resep minuman yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang juga mudah didapat di pasaran.

1. Jahe, kunyit, dan lemon

Kombinasi ketiga bahan dapur ini memiliki manfaat untuk melawan peradangan, melawan masuk angin, dan melancarkan pencernaan. Bahan yang diperlukan:
– 1 buah lemon kecil
– ¼ sdt kunyit segar
– 1 sdt jahe segar
– Sedikit lada hitam
– Madu secukupnya

Buang kulit lemon kemudian cincang kunyit dan jahe, masukan semua bahan ke dalam juicer. Tambahkan lada hitam dan madu sesuai selera. Bisa juga menggunakan blender dan saring untuk mengambil sarinya.

2. Bit dan kunyit

Jus bit dan kunyit, dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan dalam bit dan kunyit membantu melawan radikal bebas. Keduanya dapat membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan, sehingga menghasilkan kulit yang sehat berseri. Bahan yang diperlukan:
– 1 buah bit ukuran sedang
– ¼ kunyit segar
– Madu secukupnya

Potong bit menjadi bagian kecil, kemudian cincang atau parut jahe. Masukan semuanya ke dalam juicer dan tambahkan madu sesuai selera. Jika menggunakan blender tambahkan air secukupnya agar semua bahan tercampur dan mendapatkan sarinya dengan maksimal.

BACA JUGA:Tangkal Berbagai Penyakit dengan Rutin Minum Jus Buah

3. Lemon, jahe, dan cabai rawit

Minuman campuran ini akan memberikan tambahan energi, baik diminum saat pagi hari atau kapan pun. Aroma segar lemon yang dicampur dengan efek hangat dari jahe dan cabai rawit dapat melancarkan peredaran darah, serta membantu menambah energi untuk menjalani hari. Semua bahan dalam minuman ini mengandung antioksidan, yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari radikal bebas. Bahan yang diperlukan:
– 1 sdt jahe segar
– 1 buah lemon kecil
– Sedikit cabai rawit
– Madu secukupnya

Buang kulit dan biji lemon, lalu cincang atau parut jahe. Peras kedua bahan ini terlebih dulu, setelah itu tambahkan irisan cabai rawit dan madu sesuai selera.

4. Bawang putih, jeruk, dan kunyit

Campuran minuman ini memiliki khasiat yang bersifat antioksidan, anti peradangan, membantu detoksifikasi, serta menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Bahan yang diperlukan:
– 1 atau 2 siung bawang putih
– ¼ kunyit segar
– 1 buah jeruk kecil
– Sedikit lada hitam
– Sedikit garam
– Madu secukupnya

Buang kulit jeruk, cincang bawang putih, dan parut kunyit. Masukan semua bahan ke dalam juicer atau blender. Lalu tambahkan lada, garam, dan madu sesuai selera.

5. Jus hijau

Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi sayuran setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko penyakit mental terkait usia. Bagi yang tidak suka mengkonsumsi sayuran dalam bentuk olahan makanan, dapat membuatnya menjadi minuman yang menyegarkan. Bahan yang diperlukan:
– Segenggam bayam
– Segenggam kangkung
– 1 sdm jeruk nipis
– Madu secukupnya

Cincang semua bahan, dan masukan ke dalam juicer atau blender dengan tambahan air secukupnya. Setelah itu, tambahkan madu sesuai selera. (ce1)