Berita Bekasi Nomor Satu

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi Tumbuhkan Minat Baca Pelajar

SIMAK: Siswa SMPN 2 Tambun Selatan mendengarkan cerita dongeng di sela program BOTRAM, Kamis (26/9). ANDI MARDANI/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi turut berpartisipasi dalam program Berkolaborasi Terus Melayani (BOTRAM) yang berlangsung di SMPN 2 Tambun Selatan, Kamis (26/9) dengan mendatangkan mobil perpustakaan keliling.

“Partisipasi ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar, khususnya di SMPN 2 Tambun Selatan,” ujar Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, Sigit.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih melakukan penelitian terkait angka minat baca. Sebelumnya, diakui bahwa minat baca memang masih rendah. Namun, dia menegaskan bahwa berbagai kegiatan dan metode telah dilakukan untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Bekasi Harap Duta Baca Promosikan Perpustakaan

Sigit juga menambahkan bahwa untuk menghilangkan kejenuhan saat membaca, pihaknya tidak hanya menyediakan buku. Tetapi juga edukasi melalui dongeng.

“Kami perlu menambah daya tarik, jadi tidak hanya buku yang disediakan. Ada juga edukasi berupa dongeng untuk meningkatkan kegemaran membaca,” jelasnya.

Jenis buku yang dibawa dalam program ini pun beragam, termasuk buku inklusi sosial yang bertujuan untuk memperkenalkan bakat anak. Salah satu contohnya adalah buku tentang cara menanam dan berkebun berbagai jenis tanaman seperti tomat dan cabai.

Selain itu, untuk menumbuhkan keahlian, pihaknya juga membawa buku otomotif, yang mengenalkan cara kerja mesin dan perbengkelan.

“Memang di sekolah sudah ada perpustakaan dengan koleksi buku tersendiri, namun buku-buku yang kami bawa kali ini fokus pada pengembangan minat, bakat, dan keahlian,” tambah Sigit. (and/*)