Berita Bekasi Nomor Satu

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Bekasi Diumumkan Hari Ini

SERAHKAN PALU SIDANG: Ketua sementara DPRD Kabupaten Bekasi Muhtada Sobirin menerima paku sidang di Kantor DPRD Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengumuman dan penetapan unsur pimpinan definitif DPRD Kabupaten Bekasi masa jabatan 2024/2029 akan dilaksanakan hari ini melalui rapat paripurna.

“Rencananya besok (hari ini,red) pada pukul 14.00, akan diadakan rapat paripurna pengumuman dan penetapan unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Bekasi,” kata Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bekasi, Muhtada Sobirin.

Muhtada menjelaskan bahwa paripurna tersebut seharusnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Namun karena adanya perubahan yang dibahas dengan fraksi-fraksi, diputuskan untuk menggelar paripurna pada Jumat hari ini.

BACA JUGA: Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Desak Penetapan Pimpinan Definitif Dipercepat

“Ada perubahan jadwalnya, jadi digelar hari Jumat. Dalam paripurna ini, kami juga mengundang Forkopimda dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha, mengatakan bahwa setelah pimpinan definitif dilantik, lembaga legislatif tersebut akan segera menyelesaikan sejumlah agenda yang telah menanti. Agenda tersebut meliputi penyusunan Alat Kelengkapan DPRD (AKD) dan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2024.

“Setelah pimpinan definitif ini dilantik, kita langsung paripurnakan penyusunan AKD. Saya yakin proses ini bisa cepat selesai, karena di DPRD kita mengedepankan musyawarah mufakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Terima Gaji dan Tunjangan Pertama, Kinerja DPRD Kabupaten Bekasi Jangan Memble

Politisi Partai Gerindra ini juga menekankan bahwa pembahasan APBD 2024 merupakan salah satu agenda terpenting, dengan batas waktu pengesahan maksimal 30 November 2024.

“Kami akan bekerja semaksimal mungkin. Paripurna pelantikan diberi waktu maksimal 14 hari setelah diumumkan. Dengan sistem yang sekarang sudah elektronik, prosesnya bisa lebih cepat,” ujarnya.

“Sambil berjalan, kita bahas dan sahkan AKD, baru setelah itu kita fokus pada pembahasan APBD 2025. Kami optimis bisa menyelesaikannya sebelum batas waktu yang ditentukan,” pungkas Aria. (and)