Berita Bekasi Nomor Satu

Atasi Rambut Kering dengan Bahan Alami Ini

Ilustrasi rambut sehat terawat. Foto freepik.com

RADARBEKASI.ID,BEKASI-Bekas jerawat merupakan kondisi yang terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak yang cukup untuk melembabkan rambut. Rambut yang kering juga disebabkan karena batang rambut tidak mampu menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya. Akibatnya, rambut menjadi bercabang dan mudah patah.

Rambut kering bisa teratasi dengan berbagai cara salah satunya melalui penggunaan serum rambut dan juga konsumsi makanan sehat. Selain itu, ada berbagai bahan alami yang efektif untuk mengembalikan kilau rambutmu. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Alpukat

Vitamin A dan E, lemak jenuh, protein serta mineral lain yang ada dalam alpukat bisa membantu merawat rambut kering dan rusak. Sekaligus menambah kelembaban pada batang rambut kering dan memperkuat batang rambut.

BACA JUGA:Atasi Rambut Rontok Secara Alami dengan Bahan-bahan Ini

Pertama-tama, lembutkan buah alpukat matang yang sudah dikupas. Tambahkan sekitar 2 sdm. minyak zaitun ke alpukat dan mencampurnya dengan halus. Terapkan campuran ke rambut yang sedikit basah dan diamkan selama 30 menit. Akhirnya, bilas dengan bersih. Ulangi proses ini seminggu sekali.

2. Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat rambut kering. Hal ini karena madu bisa memerangkap uap air di rambut, sehingga membuatnya bernutrisi dan lembut. Oleskan setengah cangkir madu mentah ke rambut yang sedikit lembab. Pijat dengan lembut dan tutup kepala menggunakan topi mandi selama setengah jam. Akhirnya, bilas dengan air hangat. Ulangi proses ini dua kali seminggu.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu solusi terbaik untuk kulit kepala rambut kering. Kandungan antioksidan dan vitamin E yang ditemukan dalam minyak zaitun bisa menyembuhkan rambut kering dan rusak dengan memerangkap uap air di kutikula. Selain itu, bisa memperkuat, dan menambah kilau rambut kering.

BACA JUGA:Ini Manfaat Bahan Alami Bagi Kesehatan Rambut

Caranya tempatkan beberapa extra virgin olive oil dalam mangkuk dan sedikit hangatkan. Lalu, oleskan minyak hangat di atas rambut dan kulit kepala. Pijat lembut kulit kepala selama sekitar 5 – 10 menit. Gunakan handuk hangat untuk menutupi rambut dan biarkan selama lebih dari 30 menit atau semalam. Terakhir sampo dan kondisikan rambut seperti biasa. Ulangi obat ini sekali atau dua kali seminggu.(ce1)