Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Pegadaian Tingkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Produk Syariah

ANTUSIAS: Sejumlah masyarakat antusias mengunjungi bazaar emas dalam acara Bekasi Halal Lifestyle 2020 di main atrium Revo Town Mall. Foto: Eko Iskandar

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Pegadaian (Persero) helat Bekasi Halal Lifestyle 2020 sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran (awareness) dari masyarakat terhadap produk berbasis syariah. Acara yang dihelat bersama dengan komunitas Bangun Kota ini berlangsung main atrium Revo Town Mall pada 29 Februari – 1 Maret 2020.

Deputi Bisnis Pegadaian Area Bekasi Anna Savitri menjelaskan, Pegadaian dalam acara ini menghadirkan produk-produk berbasis syariah. Antara lain produk Pegadaian Amanah dan Tabungan Emas.

”Tabungan Emas ini produknya adalah membeli, kemudian disimpan di Pegadaian. Jadi orang menyetorkan uang, kemudian dikasih buku tabungan dengan saldo gram emas,” jelas Anna kepada Radar Bekasi, Sabtu (29/2).

Kemudian produk Arrum BPKB; pembiayaan syariah untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan jaminan BPKB kendaraan roda dua maupun roda empat. Selanjutnya, produk Arrum Haji.

”Arrum Haji yaitu pendaftaran haji melalui Pegadaian dengan cara menyetorkan atau menyerahkan emas seberat 3,5 gram yang kita konversikan dengan nilai uang Rp 25 juta dan uang itu kita gunakan untuk mendaftar haji ke Kementerian Agama (Kemenag) sehingga nasabah langsung mendapatkan porsi haji,” tuturnya.

Anna mengatakan, masyarakat cukup antuasias terhadap produk Pegadaian berbasis syariah. Kendati demikian, diakuinya belum banyak masyarakat mengetahuinya.

”PR (Pekerjaan Rumah)-nya adalah belum banyak yang tahu bahwa Pegadaian punya produk berbasis syariah, sehingga kita menyelenggarakan acara ini. Antara lain tujuannya adalah meningkatkan awareness dari masyarakat terkait produk Pegadaian berbasis syariah,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya tingginya minat masyarakat terhadap produk Pegadaian berbasis syariah terbukti dari capaian omset. Pada tahun lalu, omset dari bisnis syariah tumbuh mencapai 50 persen.

”Jadi target kita (2019) terlampaui 50 persen, artinya kita mencapai target 150 persen dari tahun kemarin. Total kredit yang kita salurkan ke masyarakat untuk di wilayah Bekasi kurang lebih Rp200 miliar di akhir 2019,” tuturnya.

Pada tahun ini, omset Pegadaian dari bisnis syariah ditarget mampu tumbuh sebesar 20 persen. Anna optimistis, target tersebut dapat tercapai hingga akhir 2020.

”Tahun ini (omset bisnis syariah,red) ditarget kurang lebih diangka Rp 280 miliar,” tukasnya.

Ketua Pelaksana Bekasi Halal Lifestyle 2020 Abi Sutanrai Abdilah mengungkapkan, melalui Bekasi Halal Lifestyle 2020 pihaknya ingin meningkatkan antusiasme warga Kota Bekasi khususnya anak muda dalam berkehidupan yang baik, berperilaku yang positif, dan memiliki budaya yang tidak hanya menjadi momentum semata, tetapi budaya harus menjadi bagian gaya hidupnya sehingga kegiatan-kegiatan baik ini selalu hadir di dalam kepribadiannya.

Selama dua hari, acara ini diisi dengan serangkaian kegiatan. Antara lain, bazaar emas, pameran, bazaar Islamic fashion, talkshow, kajian pranikah, lomba Islamic kids fashion show, beauty class, lomba nasyid, lomba fotografi, dan Islamic community performance. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin