Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Dukung Physical Distancing, Sisternet – Siberkreasi Helat Kelas Edukasi Daring

Sisternet - Siberkreasi helat kelas edukasi daring. Foto: XL Axiata
Sisternet – Siberkreasi helat kelas edukasi daring. Foto: XL Axiata

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT XL Axiata Tbk (XL) terus melanjutkan program edukasi untuk kalangan perempuan melalui Sisternet di tengah wabah virus Corona (Covid-19). Menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak secara fisik (physical distancing) dengan orang-orang disekitarnya, Sisternet bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi helat kegiatan diskusi interaktif secara online yang membahas materi literasi digital dan issue terkini yang relevan dengan masyarakat sekitar yang diberi nama Siberkreasi Class “Hangout Online”.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, kondisi saat ini mengharuskan XL Axiata untuk mencari solusi agar program-program edukasi untuk kalangan perempuan tidak terhenti.

“Karena itu kami mengalihkan kelas-kelas tatap muka menjadi online (daring), dengan memanfaatkan sarana digital yang ada, yaitu saluran YouTube secara live streaming. Ada nilai lebih jika kami menyelenggarakannya secara online, salah satunya adalah pesertanya menjadi tidak terbatas dan bisa dari mana saja,” ujar Tri, dalam keterangan tertulisnya.

Ia menambahkan, kelas daring telah berhasil dilaksanakan sejak 19 Maret 2020 lalu, dan hingga saat ini sudah terlaksana sebanyak empat kali kelas dengan tema yang berbeda-beda. Rencananya, hingga pekan pertama April 2020 nanti, total akan ada enam kali kelas. Tema-tema yang dimaksud disesuaikan dengan situasi dan kondiri terkini di mana masyarakat harus menghadapi mewabahnya ancaman Covid-19, dan di sisi lain harus bisa tetap produktif.

“Berbagai kegiatan daring ini diharapkan dapat terus mendorong masyarakat untuk tetap memanfaatkan platform digital tidak hanya sebagai sarana komunikasi, namun juga supaya masyarakat tetap produktif sembari menunggu situasi aman dari Covid-19 ini,” kata Ketua Umum GNLD Siberkreasi Yosi Mokalu.

Kelas-kelas edukasi ini menghadirkan total 18 narasumber yang memang memiki kompetensi di bidangnya yang diantaranya adalah dokter yang juga youtuber kecantikan dan kesehatan, dr. Clarin Hayes. Lalu ada juga blogger dari komunitas Emak Blogger, Mira Sahid. Ada juga artis yang juga aktivis perempuan, Olga Lydia; Clara Bernadeth selaku Influencer, dan penggiat sosial media Wicaksono atau yang lebih dikenal sebagai Ndoro Kakung. Diadakan secara live streaming via Kanal youtube Siberkreasi setiap hari Senin dan Kamis pada pukul 19.30-21.00 WIB.

Kelas pertama pada 19 Maret 2020, bertema “Jaga Diri, Jaga Jarak”, membahas sosialisasi antisipasi penyebaran Covid-19, termasuk Self Care, Self Awareness, Social Distance. Kelas berikutnya pada 23 Maret 2020 bertema “Jangan Panik, Tetap Asik” tentang pengalaman netizen selama seminggu bekerja dari rumah dan bagaimana menghadapi hoaks.

Kelas 26 Maret 2020 mengangkat “Empati dan Kontribusi” hal positif dalam mendukung pemerintah dan masyarakat. Lalu pada 30 Maret 2020 bertema “Berkreasi Dirumah Bersama Bocah” buat buat orangtua dan anak”. Pada 2 April 2020 mendatang kelas mengangkat tema “Work From Home, Learn From Home”. Lalu pada 6 April 2020, “Crisis Communication in Digital Era : cara berkomunikasi dengan baik”. (oke)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin