BekasiBerita Utama

Berjuang 20 Hari, Tak Ada Keluarga dan Sejawat, Hanya Ditemani Tim Medis

Kisah Arif Rahman Hakim, Pasien Pertama dan Sembuh dari Corona

MUSTIKAJAYA, RADARBEKASI.ID – Satu pasien di Kota Bekasi yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau Corona, berhasil melalui masas-masa sulit dan akhirnya sembuh.

Namanya Arif Rahman Hakim. Ia orang pertama di wilayah Kota Bekasi yang berhasil mengalahkan virus tersebut. Sekaligus dia orang pertama yang telah dinyatakan sembuh oleh dokter.

Tak tega, tak bisa membayangkan bagaimana situasi 20 hari Arif Rahman Hakim melalui situasi tersebut. Tidak ada keluarga dan teman sejawat yang diperbolehkan menjenguk, hingga petugas medis seperti dokter dan perawat ia jadikan teman selama 20 hari tersebut.

Itu pun tak setiap saat. Yang ia lakukan hanya bersyukur kepada Tuhan, tetap semangat dan optimis agar imunnya kembali normal.

“Saya sudah diisolsi (saat itu). Saya tidak bisa ditemui. Saya lihat perawat, suster, saya jadikan teman karena nggak ada lagi. Istri nggak boleh jenguk. Hanya petugas medis jadi teman saya,” ungkap Arif mengenang beberapa waktu lalu ia berjuang untuk sembuh dari Corona.

Baginya, yang bisa mengetahui betapa hebat perjuangan saat itu hanyalah dirinya dan Tuhan. Bagaimana tidak, untuk menghela nafas saja sulit. Sembilan hari selama diintermediate. Sembilan hari itu ia lalui dengan duduk saja.

“Karena kalau saya tidur (merebahkan tubuh) itu kayak orang kelelep, kecebur kali, jadi tidur sebentar kebangun, karena mulutnya kering dan sakit. Itu kalau minum, sakitnya minta ampun,” lanjut Arif.

Hari-hari ia lewati di ruang isolasi. Sekira berukuran 3×3 meter. Hanya ada satu tempat tidur pasien. Meja kecil. Dan kamar mandi.

Untuk menyemangati diri dan menjaga optimisme bahwa ia bisa sembuh dan mengalahkan penyakit, Arif memilih untuk tidak menggunakan telepon genggam selama berada di ruang isolasi.

Menjauhi media sosial yang sewaktu-waktu bisa menurunkan semangat dan optimismenya, jadi salah satu cara ampuh yang ditempuh Arif.

Arif berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mentaati himbauan pemerintah, menjaga kesehatan, dan selalu optimis kepada puluhan pasien positif yang tengah berjuang melawan virus di Kota Bekasi. (sur)

 

KISAH ARIF SEMBUH CORONA SELENGKAPNYA DAPAT ANDA BACA DI RADAR BEKASI EDISI CETAK SABTU 04 APRIL 2020.

Related Articles

Back to top button