Bekasi

Satgas Lawan Covid-19 Awasi PSBB

JAKARTA, RADARBEKASI.ID-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tak mau ketinggalan berperang melawan Covid-19. Sebuah tim bernama Satgas Lawan Covid-19 yang diketuai  Sufmi Dasco Ahmad, politisi Gerindra dibentuk.

Apakah tidak tumpang tindih dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19?

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 Provinsi Jawa Barat, Waras Wasisto mengklaim, tim yang dikoordinirnya tidak akan tumpang tindih dengan keberadaan Gugus Tugas Covid-19 yang saat ini sudah dibentuk.

Berbeda dengan gugus tugas, politisi PDI Perjuangan yang juga anggota DPRD Jawa Barat itu, Satgas Lawan Covid-19 dibentuk di tataran legislatif, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Menurut Waras, tim ini tidak hanya ada di Jawa Barat. Satgas ini juga telah dibentuk di daerah lain, di antaranya Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Satgas Lawan Covid-19 di beberapa Provinsi lain juga sudah dibentuk. Karena situasi pandemi Covid-19 ini, maka Ketua Satgas Lawan Covid-19 Nasional kemudian membuat Satgas daerah. Sebetulnya terkait fungsi (Satgas), lebih ke arah pengawasan kebijakan Pemerintah dalam percepatan penanganan wabah Covid-19 di Jawa Barat,” ujar Waras, kepada Radar Bekasi, Selasa (14/4/2020).

Satgas akan terus berkoordinasi, meng-update perkembangan di masing-masing wilayah, termasuk menginventarisasi kendala-kendala di daerah yang akan langsung disampaikan ke Satgas Nasional.

“Dari hasil temuan di lapangan, kemudian Satgas Nasional yang berkoordinasi dengan Kementerian terkait. Terlebih saat ini di lima daerah di Jawa Barat antara lain Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi sudah mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujar Waras.

Yang pasti, sambung Waras, pihaknya  siap bekerja, mengabdi, memberikan kontribusi yang terbaik buat Negara khususnya masyarakat Jawa Barat.

“Ini yang akan kita buat semacam percepatan (birokrasi) untuk penanganan Covid-19 di Jawa Barat,” pungkasnya. (zar)

Related Articles

Back to top button