Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

Telkom Cetak Laba Bersih Rp10,99 Triliun

Dirut Telkom, Ririek Adriansyah
Dirut Telkom, Ririek Adriansyah
Dirut Telkom, Ririek Adriansyah
Dirut Telkom, Ririek Adriansyah

Radarbekasi.id – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat pendapatan konsolidasi Perseroan sebesar Rp66,9 triliun dengan laba bersih Rp10,99 triliun.
Sementara itu, Earnings Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) semakin menguat, dengan pertumbuhan 8,9% YoY menjadi Rp36,08 triliun dan margin EBITDA yang tumbuh 6,2ppt menjadi 54,0%.

Margin laba bersih juga menunjukkan tren yang lebih baik dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 16,4% dari sebelumnya 16.0%.

“Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tidak bisa dipungkiri akan berdampak terhadap perekonomian dan industri telekomunikasi, namun Telkom masih bisa mencatat kinerja yang cukup baik dengan peningkatan profitabilitas perseroan di mana margin EBITDA dan margin laba bersih tercatat tumbuh dibandingkan tahun lalu. Kinerja Perseroan yang sehat juga tercermin dengan meningkatnya Arus Kas dari Kegiatan Operasi yang tumbuh 23,4% menjadi Rp34,2 triliun,” kata Direktur Utama (Dirut) Telkom, Ririek Adriansyah, dalam siaran pers yang diterima Radar Bekasi, kemarin.

Pria yang pernah menjabat sebagai Dirut Telkomsel ini menjelaskan, kinerja bisnis perusahaan plat merah ini tidak lepas dari peningkatan lini bisnis Digital Business Telkomsel dan fixed broadband IndiHome yang pendapatan-nya tumbuh masing-masing 13,5% dan 19,1% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Telkomsel selaku entitas anak Telkom yang fokus pada segmen bisnis Mobile, mencatat pertumbuhan yang baik, khususnya pada bisnis digital yang tumbuh sebesar 13,5% menjadi sebesar Rp 31,9 triliun dengan total kontribusi yang tumbuh signifikan hingga 72,4% dari total pendapatan Telkomsel.
Lanjut Ririek, pencapaian ini didorong oleh 160,1 juta pelanggan, dengan pelanggan mobile data sebanyak 105,1 juta. Hal ini menyebabkan konsumsi layanan data tumbuh 43,8% dari periode yang sama tahun lalu menjadi 7.037 MB per pelanggan data dan menjadi tren positif bagi broadband ARPU. Begitupun dengan lalu lintas data yang juga meningkat 40,3% menjadi 4.255.250 TB.

“Untuk memperkuat infrastruktur dan mengembangkan bisnis digital, sepanjang semester pertama 2020, Telkomsel membangun sebanyak 15.831 BTS 4G. Hingga saat ini, Telkomsel telah memiliki total BTS sebanyak 228.066 unit atau tumbuh 11,7 YoY dengan BTS 3G dan 4G/LTE mencapai lebih dari 177 ribu unit atau 77,9% dari total keseluruhan,” terang Ririek.

Sementara layanan fixed broadband IndiHome, tambah Erik, terus mempertahankan kinerja yang semakin kuat, baik finansial maupun operasional. IndiHome mencatat pendapatan sebesar Rp10,4 triliun yang dikontribusi dari 7,45 juta pelanggan. Jumlah pelanggan ini tumbuh 24,2% dari periode yang sama tahun lalu. Meski dihadapkan pada situasi pandemi, IndiHome berhasil menambah lebih dari 448 ribu pelanggan baru sepanjang enam bulan pertama 2020.

Adapun segmen enterprise, terus menerapkan kebijakan bisnis dengan berfokus pada pembenahan secara fundamental yang diikuti perbaikan lini bisnis yang memiliki profitabilitas lebih tinggi. Salah satu lini bisnis yang menjadi fokus Perseroan adalah data center. Saat ini Telkom memiliki data center di 22 lokasi dan baru saja melakukan groundbreaking data center tier 3 & 4 yang tahap pertamanya diperkirakan dapat mulai beroperasi pada pertengahan 2021.

Selanjutnya, segmen Wholesale & International Business, menunjukkan kinerja yang baik, dengan peningkatan pendapatan 13,9%, terutama didorong oleh peningkatan bisnis menara telekomunikasi dan Voice Wholesale.

Sedangkan belanja modal Perseroan di semester I/2020 ini, sebesar Rp12 triliun, dengan alokasi terutama digunakan untuk membangun infrastruktur broadband baik untuk mobile maupun fixed broadband. Pada bisnis mobile, belanja modal dialokasi untuk pengembangan kualitas dan kapasitas jaringan 4G serta pengembangan sistem IT. Dan untuk fixed broadband, belanja modal digunakan untuk pembangunan jaringan akses serat optik ke rumah serta jaringan backbone.

“Situasi pandemi yang diperkirakan masih akan berlangsung, memberikan ruang bagi akselerasi digital. Kami melihat peluang ini untuk menghadirkan solusi melalui beragam layanan digital yang didukung oleh digital connectivity dan digital platform yang kuat. Telkom akan terus berinovasi memberikan produk dan layanan digital, tidak hanya untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat, tapi juga untuk menggerakkan perekonomian nasional,” tandas Ririek. (bis)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin