Berita Bekasi Nomor Satu

Sekolah Masih Persiapan

KBM
ILUSTRASI: Petugas kebersihan membersihkan gedung SMA 18 Al Azhar di Grand Wisata Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. KBM tatap muka secara terbatas belum bisa dilaksanakan oleh SMA/SMK di Kabupaten Bekasi yang berada di kecamatan zona hijau Covid-19 mulai 18 Agustus 2020.Ariesant Radar Bekasi
KBM
ILUSTRASI: Petugas kebersihan membersihkan gedung SMA 18 Al Azhar di Grand Wisata Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. KBM tatap muka secara terbatas belum bisa dilaksanakan oleh SMA/SMK di Kabupaten Bekasi yang berada di kecamatan zona hijau Covid-19 mulai 18 Agustus 2020.Ariesant Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka terbatas belum bisa dilaksanakan oleh SMA/SMK di Kabupaten Bekasi yang berada di kecamatan zona hijau Covid-19 mulai 18 Agustus 2020. Pasalnya, sekolah masih melakukan berbagai persiapan.

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Bekasi, terdapat sebanyak 43 SMA/SMK negeri dan swasta di 7 kecamatan Kabupaten Bekasi kategori zona hijau.

Kepala Seksi KCD Pendidikan Wilayah III Awan Suparwana menyampaikan, bahwa belum ada sekolah yang direkomendasikan ke satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi untuk mendapatkan persetujuan KBM tatap muka.

“Belum ada (sekolah) yang diajukan ke satgas, semua masih dalam progres persiapan di masing masing sekolahnya,” ujar Kepala Seksi KCD Pendidikan Wilayah III Awan Suparwana, kepada Radar Bekasi, Jumat (14/8).

Sekolah yang boleh melaksanakan KBM tatap muka secara terbatas harus memenuhi sejumlah syarat protokol kesehatan. Mulai dari kesiapan infrastruktur dan tenaga pengajar, serta mendapatkan persetujuan dari orangtua murid.

Pengawas sekolah akan mengajukan ke KCD apabila telah memenuhi syarat tersebut. “Pengawas kan melihat kesiapan, setelah sekolah siap maka diajukanlah kesiapan-kesiapan yang sudah dilakukan pada pihak KCD. Setelah pihak KCD menyatakan siap, maka akan direkomendasikan pada satgas penanganan Covid-19,” tuturnya.

Lebih lanjut, Awan mengungkapkan, Kabupaten Bekasi belum bisa memulai KBM tatap muka secara terbatas pada jenjang SMA/SMK pada 18 Agustus 2020.

“Sepertinya untuk kabupaten bekasi belum bisa melaksanakan KBM tatap muka secara terbatas pada 18 Agustus nanti, karena prioritas kita kesehatan dan keselamatan. Tidak ingin terburu-buru, semua harus dipersiapkan dengan baik,” tegasnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, KBM tatap muka terbatas dapat dilaksanakan tergantung pada kesiapan satuan pendidikan.

“Poin kesiapan ada di satuan pendidikan, yang terpenting ada di zona hijau dan kuning,” ujarnya.
Alamsyah menyampaikan, KCD Pendidikan Wilayah III sampai dengan saat ini belum mengajukan sekolah yang akan melaksanakan KBM tatap muka di tengah pandemi ini.

“Belum ada yang mengajukan,” tegasnya.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyampaikan, pihaknya belum melakukan kunjungan dan pengawasan di tingkat SMA dan SMK Kabupaten Bekasi .

“Kami belum melakukan pengawasan untuk SMA dan SMK Kabupaten Bekasi,” kata Retno.
Adapun ketentuan dasar pelaksanaan KBM tatap muka yakni berada di zona hijau, mendapat persetujuan pemerintah daerah, sekolah harus memenuhi semua daftar periksa dan siap pembelajaran tatap muka serta orangtua murid setuju.

“Jika salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik melanjutkan belajar dari rumah secara penuh,” ungkapnya.

Lebih lanjut, KPAI mendorong satgas penanganan Covid-19 untuk tidak mudah memberikan persetujuan pembukaan sekolah tanpa di sertai survey kesiapan sekolah dan daerah yang memadai sesuai ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan WHO. (dew)

SMK/SMA di Kecamatan Zona Hijau
Bojongmangu
– SMKS PGRI
– SMAN 1 Bojongmangu
– SMA Islam Al-Kenal

Kedung Waringin
– SMK Krida Mandiri
– SMK Merah Putih
– SMKS Bima Sakti
– SMKS IPTEK
– SMKS Islam Azzhahiriyah
– SMK Karya Bhakti 2
– SMK Karya Bhakti 2
– SMKS Nusantara
– SMAN 1 Kedung Waringin
– SMA Islam Azzahiriyah
– SMA Islam Darunnadwah

Tambelang
– SMKN 1 Tambelang
– SMAN 1 Tambelang
– SMA AL Mutaqien

Sukawangi
– SMKS Alam Karya
– SMKS Islam Darurrohman
– SMKS Pertanian Attaufiq
– SMAN 1 Sukawangi
– SMA Attaqwa 03 Sukawangi
– SMA Informatika Sukawangi
– SMA IT Almaidah
– SMA Nurul Yaqin Sukawangi

Sukakarya
– SMK Bina Ilmu Mandiri
– SMKS Citra Karya
– SMKS Industri Indokreativa
– SMKS Mekar Murni
– SMKS Putra Bhagasasi
– SMAN 1 Sukakarya

Cabangbungin
– SMK Jaya Nusantara
– SMKS Adhi Karya
– SMKS Asy Syifa
– SMKS Attaqwa
– SMKS El-Amin
– SMAN 1 Cabanbungin
– SMA Islam Fatahillah

Muaragembong
– SMKS AL-Mujahidin
– SMKS Assa Adatul Abadiyah
– SMKS Yapinuh
– SMAN 1 Muaragembong
– SMA Terpadu Pelita Bangsa

Solverwp- WordPress Theme and Plugin