Berita Bekasi Nomor Satu

Dosen UNJ Latih PKK RW 010

Peserta pelatihan merawat lansia yang diselenggarakan dosen UNJ.

BEKASI, RADARBEKASI.ID-Dosen-dosen Program Studi Pendidikan Masyarakat (Penmas) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) diketuai Elais Retnowati, Anan Sutisna serta Ahmad Tijari beserta tim mahasiwa melakukan pelatihan kepada masyarakat RW 010 Kelurahan Cakung,  28 hingga 31 Agustus 2020 lalu.

Pelatihan dilakukan secara simultan dengan menggerakkan kader PKK RW 010 sebagai pelopor dalam menyampaikan pengetahuan kepada masyarakat cara merawat anggota keluarga yang lanjut usia (lansia).

Kegiatan diawali dengan memberi pengetahuan kepada 10 orang Kader PKK RW 010 Keluraha cakung Timur sebagai wilayah yang padat penduduk dan jumlah masyarakat lansianya cukup banyak. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Cara ini dipilih untuk mengatasi masalah sosial dan physical distancing karena pandemic covid19.

Kegiatan dibuka Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Pendidikan Anan Sutisna yang mengatakan bangga kegiatan seperti ini tetap dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan protocol kesehatan. Beliau juga berpesan agar para kader menyebarluaskan pengetahuannya tentang merawat lansia kepada masyarakat RW 010 dan secara umum masyarakat Kelurahan Cakung Timur.

Lansia sebagai bagian dari keluarga dan anggota masyarakat tetap dapat berperan aktif dalam kegiatan sehari-hari. Lansia tetap dapat menjadi pribadi yang sehat, mandiri dan bahagia. Lansia yang sehat akan dapat menjalani hidup sehari-hari dengan baik dan normal.

Materi disajikan dalam bentuk video  yang dapat dilihat pada telepon genggam. Harapannya materi tersebut dapat dilihat kapan saja ketika seseorang memiliki waktu luang.

Setelah memahami materi dengan baik diharapka kader PKK menyampaikan materi pembelajaran merawat lansia kepada kader-kader PKK lainnya di wiayah Kelurahan Cakung Timur. “Sehingga snowballing dari kader kepada masyarakat terus berguling  dan para lansia tidak terabaikan lagi,’’ kata Elais dalam penutupan kegiatan. (zar)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin