Berita Bekasi Nomor Satu

Ini Biang Keladi 369 Karyawan PT Epson Terpapar Covid-19

PT Epson di kawasan industri EJIP Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Senin (21/9). Ratusan karyawannya positif Covid-19.ARIESANT/RADAR BEKASI

BEKASI, RADARBEKASI.ID – Sebanyak 369 karyawan yang bekerja di PT Epson, terkonfirmasi Covid-19 sampai saat ini.Ratusan karyawan perusahaan yang berada di Kawasan EJIP, Cikarang Selatan ini, diduga terpapar Covid-19 setelah mengadakan pertemuan dengan narasumber dari luar daerah.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menjelaskan, penyebaran Covid-19 di PT Epson berawal saat pihaknya mendapatkan laporan pada Selasa (15/9). Dimana saat itu ada salah satu perusahaan di Kawasan EJIP, yang karyawannya terpapar virus korona.

Berbekal informasi itu, kata Alamsyah, pihaknya melakukan klarifikasi lapangan ke perusahaan pada Kamis (17/9) lalu. Kemudian dari hasil investigasi data, ternyata kasus ini berawal, ketika diawal bulan ini ada pertemuan di perusahaan tersebut.

“Ternyata awalnya kasus ini ketika di awal bulan September ada pertemuan di sana. Saat itu hadir narasumber dari luar daerah. Kemungkinan narasumber itu sudah terkonfimasi, tapi tanpa gejala,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (21/9).

Dirinya menyampaikan, selang beberapa hari kemudian ditemukan orang bergejala. Kemudian pihaknya langsung melakukan rapid test dan ditemukan ada beberapa yang reaktif. Lalu dilakukan pemeriksaan sweb test. Dan ditemukan enam orang (karyawan) yang positif Covid-19.

Lanjutnya, pria yang juga sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan ini menuturkan, pada Sabtu (12/9) lalu, dilakukan pemeriksaan swab yang lebih masif. Dan ditemukan 26 orang positif. Kemudian dilakukan swab test lebih banyak, dan angkanya berkembang terus.

Menurutnya, angka terkonfirmasi kembali meningkat pada Jumat (18/9) lalu. Dan angkanya menjadi 192. Sampai akhirnya, pada  Minggu (20/9) lalu, angka terkonfirmasi kembali meningkat menjadi 352 kasus. Lalu pada Senin (21/9), angka terkonfirmasi kembali mengalami peningkatan.

“Angkanya berkembang terus, setelah dilakukan swab test lebih banyak. Dan hasil update beberapa jam yang lalu, meningkat menjadi 369 kasus positif. Dari 4.000 konsumen (orang) yang sudah diperiksa,” ungkapnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin