Berita Bekasi Nomor Satu

Percepat Realisasi Konsep Smart City

ILUSTRASI: Suasana Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi ketika malam hari, Selasa (29/9). Pesatnya pembangunan dan modernisasi perlu didukung realisasi konsep smart city. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Realisasi konsep smart city Kota Bekasi, didorong untuk bisa dipercepat. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 tuntutan pelayanan dan perkembangan digitalisasi diperlukan.

Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro menilai, kondisi Pandemi membuat segala aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Tapi disisi lain dorongan percepatan digitalisasi pun semakin tinggi. Hal ini, kata dia, sebagai momentum untuk bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Nah, salah satunya dengan konsep smart city di Kota Bekasi. Momentum pemanfaatan teknologi, baik teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka menjalankan pemerintahan, perencanaan proses pembangunan, dan pengelolaan keuangan daerah maupun untuk memperoleh sumber-sumber dari pendapatan daerah seperti pajak online. Nah, ini semua kan masuk disitu termasuk layanan bagi publik,” ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Chairoman menegaskan arah kebijakan guna merealisasi konsep smart city perlu segera dilakukan. Pasalnya konsep ini dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19 yang mendorong aktivitas dilakukan secara daring.

“Intinya, yang penting hari ini, bukan lagi supaya mendorongnya, tapi lebih kepada percepatan dari realiasi konsep smart city tersebut,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi, Hudi Wijayanto yang baru menjabat di dinas tersebut mengakui butuh waktu untuk mengidentifikasi apa saja yang sudah dan belum terealisasi.

“Saat ini kita masih berupaya mengidentifikasi apa-apa yang sudah terlaksana, sekaligus untuk mempersiapkan arah kedepannya yang memang mesti dikerjakan maupun melanjutkan apa yang terlaksana sebelumnya,” kata Hudi yang baru beberapa bulan menjabat, Selasa (29/9).

Adapun terkait perkembangan konsep smart city dan upayanya untuk menjawab dorongan DPRD terkait percepatan konsep tersebut, salah satunya terkait program 1000 WiFi. Hudi mengungkapkan, program ini akan dilaksanakan lima tahun dari mulai dicanangkan. Dan yang saat ini sudah terbangun, sebanyak 244 titik WiFi di Kota Bekasi.

“Program ini masih terus kita dorong untuk dapat direalisasikan. Jadi, dari sisa titik yang terbangun itu akan terus didorong di sisa tahun-tahun masa bakti Pak Rahmat Effendi (Wali Kota Bekasi), karena ini sesuai janji beliau juga,” ungkapnya.

Selain itu, Hudi menyebut, realisasi konsep smart city ini juga terus diupayakan hingga sesuai tujuan pencanangannya. Termasuk perancangan kabel bawah tanah dan optik yang belum mampu terpenuhi. Namun, kata Hudi, hal ini butuh biaya besar sehingga proses untuk merealisasikan konsep ini butuh kerjasama pihak ketiga.

“Sekarang ini untuk kabel bawah tanah dan optik kan belum sepenuhnya, tapi ini lagi kita rancang dan terus melakukan proses kerjasamanya pada pihak lain untuk pembangunannya,” imbuhnya.

“Intinya, disini kami cuma menyesuaikan apa-apa yang sudah berjalan untuk dilanjutkan prosesnya, jadi perlu identifikasi sudah sejauh mana program tersebut sehingga bisa kita lanjutkan kembali,” sambungnya.

Terakhir, saat ditanya mengenai anggaran konsep smart city di tahun ini. Hudi mengakui, anggaran tersebut tidak dialokasikan di APBD Kota Bekasi 2020. Akan tetapi untuk program kedepan pihaknya sedang menyusun Detail Engineering Design (DED) untuk kebutuhan membangun command center atau pusat kendali berbasis teknologi informasi. “Tahun ini kita gak ada anggaran buat smart city, tapi ini kita lagi susun DED untuk command center saja,” tandasnya.

Untuk diketahui, konsep smart city menjadi trend dalam pengelolaan perkotaan. Dan beberapa waktu lalu Kota Bekasi coba untuk bisa mengadopsi konsep bukan hanya sebagai bentuk gengsi supaya bisa disebut sebagai Kota Cerdas, namun disebabkan keinginan untuk menyelesaikan persoalan perkotaan dengan cara tidak biasa (thinking out of the box).(mhf)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin