Berita Bekasi Nomor Satu

Jaga Hafalan Alquran

Alifa Maulida Zaky
Alifa Maulida Zaky
Alifa Maulida Zaky
Alifa Maulida Zaky

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Alifa Maulida Zaky (15) merupakan santri sekolah Tahfidz DTI Kota Bekasi. Ia berhasil khatam hafal Alquran 30 juz saat usianya menginjak 14 tahun.

Alifa-begitu ia akrab disapa- mulai menghafal Alquran sejak masih duduk di bangku SMP. Ia berhasil menghatamkan hafalan setelah proses selama tiga tahun. Baginya, menghafal menjadi kegiatan sulit untuk dilakukan.

“Untuk pertama kalinya menghafal itu berat banget, karena dalam satu hari aku cuma bisa menghafal setengah lembar saja,” ungkapnya kepada Radar Bekasi.

Alifa sempat menyampaikan kendala itu kepada orangtuanya. Berkat dorongan dan motivasi keluarga, dirinya bersemangat dalam menjalani kegiatan tersebut.

“Sampai akhirnya aku bilang ke Abi, kenapa sulit banget untuk bisa menghafal Alquran. Dan jawaban Abi singkat banget, kalo menghafal itu harus sabar dan niatkan semuanya karena Allah. Dari situ aku baru ngerasa mudah untuk menghafal,” tuturnya.

Capaian itu tidak membuat Alifa menjadi pribadi yang sombong dan berpuas diri. Selain tentunya senang, dirinya merasa takut setelah mampu menghafal Alquran 30 juz.

“Senang dan takut, banyak orang yang nanya kenapa harus takut. Karena dalam menghafal Alquran bukan hanya bisa membacakan semua surat di dalamnya, namun ada tanggung jawab untuk bisa mengamalkan arti surat tersebut,” ungkapnya.

Untuk menjaga hafalannya, Alifah melakukan Murojaah yakni mengulang hafalan Alquran dan Tilawah yakni membaca Alquran dengan rutin. Ia menegaskan, khatam hafalan bukan berarti meninggalkan Alquran.

“Saat ini kedua kegiatan itu yang saya lakukan untuk bisa menjaga hafalan dan bacaan saya. Yang saya bilang tadi, semua yang sudah saya pelajari tentu harus bisa diamalkan,” katanya.

Surat Al-Qiyamah Juz 29 tentang hari kiamat menjadi pengingatnya saat ini. Menurutnya, dalam surat ini bahwasanya manusia harus senantiasa mengingat hari kiamat.

Sehingga apa yang bisa dilakukan dapat menjadi amalan pada saat hari akhir, “Surat Al-Qiyamah itu adalah salah satu surat favorit aku, jadi kalo aku mengingat surat itu aku ngerasa kiamat itu sudah dekat. Sehingga aku bisa melakukan aktivitas yang sifatnya merupakan amalan soleha,” katanya.
Selain itu, dirinya sedang berusaha menjadi mutqin yaitu seseorang yang bisa mengingat hafalannya dengan baik. ”Karena aku manusia biasa yang kadang sering lupa,” tukasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin