BekasiBerita UtamaMetropolis

Separuh Kapasitas RS Darurat Terisi

SENAM: Sejumlah pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG) melakukam senam di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, yang juga digunakan sebagai RS Darurat Covid-19. RAIZA SEPTIANTO/ RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kapasitas Rumah Sakit Darurat (RSD) di Stadion Patriot Candrabhaga hingga kemarin sudah terisi 58 persen dari total kapasitas yang tersedia sebanyak 57 tempat tidur.

Sejak diisi pasien pertama pada 21 September lalu, total pasien tanpa gejala (OTG) yang telah dirawat di RSD Stadion Patriot Chandrabhaga sebanyak 50 orang.

Sebanyak 16 orang dinyatakan sehat dan sudah kembali ke rumah masing-masing. Satu pasien di rujuk untuk mendapatkan penanganan medis di salah satu rumah sakit swasta lantaran telah menunjukkan gejala.

“Yang dirawat sekarang 33 pasien, laki-laki 22 pasien dan perempuan 11 pasien,” ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Rina Oktavia, Kamis (1/10).

Sejauh ini, ruang perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi yang mencapai 109 tempat tidur telah terisi.

Sementara di tiga RSUD tipe D di wilayah Jatisampurna, Bantargebang, dan Pondokgede masing-masing 14 tempat tidur yang terisi, dari total 30 tempat tidur yang tersedia khusus pasien Covid-19.

Sehingga total tempat tidur yang terisi saat ini 78,18 persen dari kapasitas yang tersedia. Total kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Kota Bekasi sebanyak 932 tempat tidur termasuk RS Darurat.

“Sudah termasuk tempat tidur di GOR (Stadion Patriot Chandrabhaga), belum termasuk green hotel,” tukasnya.

Pemkot Bekasi telah mengajukan The Green Hotel Bekasi untuk menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien OTG. Kabar terakhir telah disetujui oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ditarget dapat diisi awal pekan depan.

“Sudah disetujui (BNPB), tinggal kerjasama dengan rumah sakit, dan rumah sakit juga kan sebenarnya sudah menerima,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

The Green Hotel Bekasi diketahui menyediakan 90 kamar untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri, saat ini pihak hotel tengah mempersiapkan kebutuhan ruangan diantaranya untuk tim medis yang akan berjaga di rumah sakit. Kebutuhan ruangan bagi tenaga medis ini dihimbau oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bekasi setelah meninjau hotel beberpaa waktu lalu.

Total tempat tidur yang tersedia dalam 90 kamar tersebut sebanyak 150 unit.

“Kita berharap Senin sudah masuk pasien pertama,” tukasnya. (sur)

Related Articles

Back to top button