Berita Bekasi Nomor Satu

Pedagang Kuliner Diminta Tak Layani Makan di Tempat

Illustrasi Kulineran

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi kembali melarang pemilik usaha kuliner melayani konsumen untuk makan di tempat. Hal itu dilakukan setelah Kabupaten Bekasi kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

“Restoran, kafe, rumah makan, warung, dan usaha sejenis lainnya, dilarang untuk melayani konsumen makan di tempat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah, Minggu (4/10).

Menurut Alamsyah, dalam situasi saat ini usaha kuliner hanya diperbolehkan untuk melayani pesan-antar (delivery) atau pesan untuk dibawa pulang (take away), sesuai instruksi dari Pemerintah Provinisi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Diharapkan dengan begitu bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kebijakan ini bertujuan untuk menghindari timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19 dari kegiatan usaha kuliner,” beber Alamsyah.

Ia menjelaskan, larangan ini sesuai kebijakan Pemprov Jabar yang dituangkan melalui Instruksi Gubernur Jawa Barat Nomor 443/07/Hukham tentang pengendalian penyebaran Covid-19 di restoran, kafe, rumah makan, warung, dan usaha sejenis lainnya di daerah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek).

Menindaklanjuti instruksi tersebut, pihaknya meminta segenap pelaku usaha kuliner dan sejenisnya, tidak lagi melayani konsumen untuk makan di tempat dan menggantinya dengan layanan take away atau dibawa pulang.

“Kebijakan ini mulai diberlakukan semenjak ditandatanganinya instruksi gubernur pada Rabu 30 September 2020 lalu, hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kebijakan ini berlaku di daerah dengan zona risiko kesehatan tinggi, dan secara umum wilayah Kabupaten Bekasi memang masih zona merah,” terangnya.

Alamsyah berharap, Satgas Penanganan Covid-19 sektor pariwisata, segera menindaklanjuti kebijakan ini agar dapat diterapkan di seluruh restoran, kafe, rumah makan, warung, dan usaha sejenis lain yang ada di Kabupaten Bekasi. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin