Berita Bekasi Nomor Satu

SDC Dorong UMKM Tetap Produktif

PERTEMUAN:Ketua SDC UMKM Kota Bekasi, Aji Ali Sabana saat pertemuan rutin bersama para UMKM Kecamatan Timur, Kota Bekasi, belum lama ini. IST/RADAR BEKASI
PERTEMUAN:Ketua SDC UMKM Kota Bekasi, Aji Ali Sabana saat pertemuan rutin bersama para UMKM Kecamatan Timur, Kota Bekasi, belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Wabah Covid-19 selain memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat juga mempengaruhi berbagai sendi perekonomian secara global. Adanya pembatasan sosial, physical distancing, hingga lockdown sejumlah negara serta berbagai wilayah membuat perekonomian kian lesu.

Ketua Skill Development Center (SDC), Aji Ali Sabana, dari UMKM Kota Bekasi mengakui, efek demikian itu menyebabkan kegiatan roda ekonomi pada segi penawaran dan permintaan alami perlambatan sangat signifikan. Di tengah situasi ini UMKM sejatinya dapat menjadi perhatian khusus.

“UMKM adalah satu sub sektor yang saat ini harus mendapat perhatian khusus, sebab peran sentral dalam menopang Perekonomian Nasional. Hampir 90 persen tenaga kerja terserap pada sektor ini, dan kontribusinya PDB hampir 57,8persen (Kementerian UMKM),” ungkap Aji, Minggu (18/10).

Lanjut Aji, akibat memburuknya perekonomian serta munculnya gelombang PHK besar-besaran di segala sektor, turut berdampak ke sektor UMKM. Aji menegaskan, keadaan ini tak boleh lagi terjadi dan sejatinya harus diantisipasi secara cepat dan masif.

“Melalui SDC UMKM ini, kami fokus pembinaan rutin bulanan untuk bisa mendorong pelaku usaha kecil yang ada di Kota Bekasi terus produktif, semangat dan optimis terus bangkit dalam situasi sesulit apapun,” tegas Aji yang juga sebagai ketua APAMPI Multipayment.

Aji menambahkan, belum lama ini pihaknya menghelat pertemuan rutin di wilayah Bekasi Timur, pada Rabu (14/10). Kegiatan itu diikuti para koordinator UMKM masing-masing kecamatan, seperti Bekasi Timur, Bekasi Utara, Rawalumbu, Pondokgede dan lainnya.

“Kegiatan kemarin itu, kita siapkan narasumber untuk sampaikan ilmu dan motivasi kepada pelaku usaha UMKM yang hadir. Kebetulan, untuk acara kemarin materi diberikan Ibu Vera Kasi Produktifitas Disnaker, Bu Ela Disnaker dan saya,” ucapnya.

Pria yang juga aktif sebagai pengurus Kadin Kota Bekasi ini menyampaikan, dalam waktu dekat, pihaknya berencana menggelar kegiatan Talk Show dan Bazar UMKM di tengah Pandemi Covid-19, pada tanggal 27 Oktober 2020 mendatang. “Ya, kita punya rencana kegiatan ini (Talk Show dan Bazar UMKM) pada pekan depan. Acara akan dilakukan di Resto Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Semoga dari acara itu bisa didukung teman media, nanti itu rencananya Wakil Wali Kota juga datang,” tutupnya. (mhf/pms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin