Pendidikan

Mahasiswa Bebas Pilih Metode

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mahasiswa pada pergruuan tinggi bebas untuk memilih metode yang digunakan dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Wakil Rektor President University Bidang Akademik Handa S Abidin mengatakan, bahwa pihaknya telah menetapkan tiga metode KKN Tematik.

“Saat ini kita sudah menetapkan tiga metode KKN temati  untuk mahasiswa,” ujar Handa kepada Radar Bekasi, Senin (9/11).

Lebih lanjut dikatakan, tiga metode tersebut yakni professional, mentorship, dan scholarship. Dari tiga metode itu, mahasiswa bebas memilih salah satunya.

Ia menjelaskan, pada metode professional mahasiswa dapat melakukan magang di perusahaan manapun. Sedangkan metode mentorship, mahasiswa dapat mengerjakan pekerjaan sosial. Sementara, metode scholarship, mahasiswa dapat mengajar di sejumlah sekolah.

“Dengan kurikulum merdeka melalui KKN Tematik, mahasiswa bisa memiliki waktu yang lebih lama untuk bisa memberikan kontribusinya kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Abdullah Sumrahadi mengungkapkan, KKN Tematik dapat dilaksanakan sesuai dengan metode yang dipilih oleh mahasiswa. Salah satunya dilakukan melalui pengabdian masyarakat.

“Pelaksanaan KKN tematik ini mahasiswa dapat memilih dari berbagai metode, termasuk did alamnya ialah pengabdian kepada masyarakat. Bisa dilakukan dengan cara mahasiswa mengajar,” ucapnya.

Menurutnya, KKN Tematik sama dengan KKN pada umumnya. Yang membedakan ialah pada tujuan program yang berdasarkan tema. Seperti contoh pada kondisi saat ini umumnya program KKN tematik menyasar atau menjadi bagian dari penyuluhan pencegahan dan pemulihan pandemi Covid-19 yang dialami masyarakat.

Lanjut dia, KKN Tematik yang menjadi perwujudan Kampus Merdeka; Merdeka Belajar itu dibentuk untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dan kebutuhan masyarakat.

“Bukan hanya menjadi sebuah pelajaran baru bagi mahasiswa, tapi juga bisa bermanfaat bagi masyarakat. Karena memang yang menjadi tujuan utama KKN tematik adalah itu,” pungkasnya. (dew)

Back to top button