Pendidikan

Duta Anak jadi Pelopor dan Pelapor

FOTO BERSAMA: Para juara audisi pemilihan Duta Anak Kabupaten Bekasi 2020 foto bersama.
FOTO BERSAMA: Para juara audisi pemilihan Duta Anak Kabupaten Bekasi 2020 foto bersama.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi bersama Forum Anak menggelar audisi pemilihan Duta Anak 2020. Acara diikuti oleh 40 anak-anak pilihan terbaik dari 23 kecamatan di wilayah setempat.

Dengan menggunakan protokol kesehatan, peserta Duta Anak Kabupaten Bekasi mendapatkan fasilitas rapid test Covid-19 yang hasilnya nonreaktif semua.

“Pemilihan Duta Anak ini salah satu indikator penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak, bahwa kita telah memberikan ruang kepada Forum Anak untuk menyelenggarakan kegiatan untuk menyalurkan bakat dan kreativitas anak,” ujar Plt Kepala DP3A Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya, dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemilihan Duta Anak ini juga merupakan bentuk dari komitmen pemerintah terhadap pemenuhan lima klaster anak. “Duta Anak ini sebagai simbol di Kabupaten Bekasi, besar harapan bahwa untuk peningkatan Layak Anak secara terus menerus agar kita bisa mencapai Visi Kabupaten Bekasi yaitu Manusia Unggul yang Agamis berbasis Agribisnis dan Industri berkelanjutan,” imbuhnya.

Pemilihan Duta Ana melalui proses penyaringan di tiap kecamatan. Seleksi per kecamatan dilaksanakan, Selasa (10/11). Sedangkan untuk tingkat kabupaten berlangsung, Kamis dan Jumat (12-13/11).

Seleksi yang diadakan untuk menambah wawasan dan pemahaman mengenai anak. Mulai dari tingkah laku anak di lingkungan tempat tinggal, hak-hak yang dimiliki anak-anak Indonesia, kemampuan dalam berbicara di depan umum hingga permasalahan-permasalahan yang terjadi pada anak dan solusi yang dapat diberikan dan diterapkan.

“Hal ini penting untuk dipersiapkan mengetahui tugas utama seorang duta adalah dapat menjadi tutor yang baik,” ujar Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi Rahmawati.

Dalam pemilihan Duta Anak, peserta menampilkan berbagi kreasi tari tradisional maupun modern. Ada juga penampilan bakat di alat musik dan menyanyi bahkan membaca Tilawah. Hasil kreasi musik dan tarian tersebut ditampilkan dengan sangat kreatif.

Dari hasil tersebut terpilih Fawwaz Jati Mawahid sebagai Juara 1 Duta Anak Kecamatan Cibarusah, Maghfira Izzani Juara 2 Duta Anak utusan Kecamatan Tambun Selatan, Hartini Juara 3 utusan Duta Anak Kecamatan Cikarang Utara, Aldo Alfattah Sujono Juara Harapan 1 Duta Anak utusan kecamatan Tambun Utara, Dian Nurrahman juara Harapan 2 Duta Anak utusan Kecamatan Sukatani, dan Ismi Mahram juara Harapan 3 Duta Anak mewakili Kecamatan Cikarang Selatan.

“Dari Duta Anak yang terpilih tersebut ke depannya mereka akan menjadi pelopor dan pelapor dalam mewujudkan kabupaten kota Layak Anak,” pungkas Rahmawati. (oke)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − ten =

Back to top button