Pendidikan

Menjadi Pribadi yang Bermanfaat

Yusnia Ayu Hanifah
Yusnia Ayu Hanifah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain diwujudkan oleh Yusnia Ayu Hanifah dengan membangun sebuah komunitas bernama “Scholarship Hunter Fellowship”. Kegiatannya antaralain belajar Bahasa Inggris bersama hingga memberikan informasi seputar beasiswa.

Mahasiswa Universitas Islam 45 Bekasi (Unisma) ini memiliki moto dalam hidupnya “Khoirunnas anfa’uhum linnas”, yang artinya “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain”. Moto itulah yang menjadi motivasinya membuat komunitas tersebut.

“Grup ini terbentuk dari kegelisahan saya sendiri sebenarnya. Dari tahun ke tahun saya selalu gelisah, kira- kira semakin bertambah umur, saya ini sudah sejauh mana bermanfaat untuk orang lain,” ungkap Ipah-sapaan akrabnya-kepada Radar Bekasi.

Ipah mengaku memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Ilmu itu didapatkan ketika dirinya belajar di Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur pada Maret 2020.
Pulang dari situ, ia memiliki rencana untuk membagikan serta memperdalam ilmunya dan mencari beasiswa ke luar negeri. Dirinya menyadari akan kesulitan untuk mencapai keinginannya bila dilakukan seorang diri.

Atas dasar itu, pada 4 Agustus 2020 dirinya mendirikan komunitas itu melalui aplikasi pesan instan Whatsapp. Anggotanya berjumlah mencapai 135 orang dan 5 orang volunteer, berasal dari kalangan mahasiswa maupun pelajar SMA.

Dalam komunitas itu, para anggota dapat melakukan sharing seputar beasiswa luar dan dalan negeri, mengikuti webinar, test TOEFL prediction, motivasi serta mengetahui informasi pendaftaran beasiswa.

“Semua kegiatan yang dilakukan gratis, anggota bisa mengikuti semua kegiatan kami tanpa melakukan pembayaran apapun,” ujar perempuan berusia 20 tahun ini.

Kedepan, dirinya berharap komunitas ini dapat mengepakkan sayap yang lebih besar lagi sehingga semakin memberikan banyak manfaat bagi negara. Selain itu, harapan komunitas ini menjadi sebuah lembaga dapat segera terwujud.

“Untuk temen-temen yang punya cita-cita ingin mewujudkan mimpinya kuliah keluar negeri dengan beasiswa bisa terus semangat, Istiqomah and never give up. As long as you have a hope there ia always a way to achieve your dream,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

One Comment

  1. Hi! I’m at work surfing around your blog from my new iphone 4!
    Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to
    all your posts! Carry on the superb work!

Back to top button