Berita UtamaPolitik

PSI Ajak Perempuan Sadar Hukum

PSI
SAMBUTAN : Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bekasi, Tanti Herawati, saat memberikan sambutan dalam acara talkshow dengan tema ‘Gerakan Perempuan Sadar Hukum’ di Hotel Horison.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bekasi, Tanti Herawati menyerukan perempuan di Kota Bekasi khususnya untuk sadar hukum, demi perjuangan dan mempertahankan hak-haknya. Selain itu, PSI mendesak agar RUU PKS segera disahkan.

Kata perempuan yang akrab disapa Hera ini, kesadaran hukum seorang perempuan pada hukum penting agar memahami hak-haknya saat mencari keadilan, karena diketahui jika banyak kasus kekerasan yang menimpa para perempuan.

“Semua orang tahu, banyak kasus kekerasan yang kerap menimpa perempuan Indonesia. Oleh karenanya itu, PSI mengajak perempuan untuk sadar hukum supaya dapat menuntut keadilan,” kata Hera, Kamis (18/3).

Hera menilai, pemahaman soal hukum akan membuat perempuan tidak lagi bingung saat menjadi korban, sehingga tidak lagi hanya menyalahkan diri sendiri dan buat depresi, termasuk bisa mencegah para calon pelaku untuk melakukan kekerasan terhadap perempuan.

“Dan menurut saya, kesadaran hukum juga dapat membuat perempuan Indonesia aktif terjun ke dunia politik. Dan sudah waktunya wanita Indonesia mengenal dunia politik, dan dengan semakin banyaknya perempuan akan masuk ke dunia politik, maka akan bisa lebih mudah dalam merancang peraturan lindungi perempuan,” tuturnya.

Hera menegaskan, PSI mendesak agar RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) dapat segera disahkan, demi peroleh jawaban terhadap masalah akan banyaknya korban tindak kekerasan seksual yang tidak melaporkan kasusnya.

“Meningkatnya angka kekerasan terhadap perempuan, dan tidak adanya perlindungan hukum yang memadai membuat PSI bakal terus mendorong DPR-RI untuk bisa segera mengesahkan UU PKS,” pungkasnya. (mhf)

Related Articles

Back to top button