Berita Bekasi Nomor Satu

US SMA Pekan Depan

SMA
ILUSTRASI: Guru SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi saat melakukan persiapan pelaksanaan US. US SMA dilaksanakan secara serentak oleh satuan pendidikan di Kota dan Kabupaten Bekasi mulai pekan depan. FOTO: ISTIMEWA
SMA
ILUSTRASI: Guru SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi saat melakukan persiapan pelaksanaan US. US SMA dilaksanakan secara serentak oleh satuan pendidikan di Kota dan Kabupaten Bekasi mulai pekan depan. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ujian Sekolah (US) SMA akan dilaksanakan secara serentak oleh satuan pendidikan di Kota dan Kabupaten Bekasi mulai pekan depan. Saat ini, sekolah masih melakukan persiapan.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bekasi Ekowati menjelaskan, US tingkat SMA akan dilaksanakan secara serentak mulai 29 Maret — 7 April 2021.

“Kalo untuk Kota Bekasi kami akan melaksanakannya secara serentak, jadi akan dimulai pada minggu besok,” ujar Ekowati kepada Radar Bekasi, Senin (22/3).

Lebih lanjut, kepala SMAN 1 Kota Bekasi itu menyampaikan, saat ini sekolah sedang melakukan persiapan US berupa penyusunan kisi-kisi soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Pelaksanaan US akan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII secara daring pada masa pandemi Covid-19 ini. Oleh karenanya, sekolah harus memastikan perangkat pendukungnya.

“Perangkat IT harus disiapkan mulai dari sekarang,” katanya.

Ia juga meminta agar sekolah mengingatkan kepada seluruh peserta didiknya untuk mempersiapkan diri agar dapat maksimal mengerjakan ujian pada nantinya.

“Kita mengingatkan kepada siswa untuk mempersiapkan pelaksanaan US sejak sekarang agar semua dapat melaksanakan dengan baik,” jelasnya.

Ekowati menambahkan, pihaknya sudah memberikan penugasan US praktik dan portofolio dan penugasan sebagai syarat kelulusan siswa pada tahun ini.

“Ini wajib diikuti karena menjadi salah satu syarat kelulusan pada tahun ajaran ini. Kami SMA sebenarnya sudah nyicil untuk memberikan tugas portofolio dan praktiknya. Jadi tinggal ujian tertulisnya saja secara daring,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris MKKS SMA Kabupaten Bekasi Sayuti. Ia mengatakan, pihaknya bersama pengawas sudah melakukan rapat dengan seluruh kepala sekolah se-Kabupaten Bekasi.

“Kami sudah melakukan rapat bersama dengan seluruh kepala sekolah, terkait kesiapan sekolah dalam pelaksanaan US,” ujarnya.

Menurutnya, sejak tiga minggu yang lalu seluruh guru mata pelajaran sudah mendapatkan pembinaan untuk membuat kisi-kisi dan teknik penyusunan soal oleh pihak pengawas pembina.

“Kami sudah hampir rampung melakukan persiapan US, hanya tinggal melaksanakannya saja. Kita harap pelaksanannya dapat berjalan dengan lancar,” tukasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin