Berita Bekasi Nomor Satu

Sambut Baik Startup Digital jadi Matkul Wajib

ILUSTRASI: Pengendara melintas di depan gedung Unkris. Sejumlah perguruan tinggi di Kota Bekasi menyambut baik rencana Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menjadikan startup digital sebagai matkul wajib pada 2022. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Pengendara melintas di depan gedung Unkris. Sejumlah perguruan tinggi di Kota Bekasi menyambut baik rencana Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menjadikan startup digital sebagai matkul wajib pada 2022. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah perguruan tinggi di Kota Bekasi menyambut baik rencana Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menjadikan startup digital sebagai mata kuliah (matkul) wajib pada 2022.

Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Susetya Herawati mengatakan, perguruan tinggi mesti menyambut baik rencana ini. Pasalnya, peradaban manusia memasuki era digital.

“Perguruan tinggi, khususnya mahasiswa harus menyambut baik rencana ini, karena mau tidak mau peradaban kita akan mengarah ke sana. Di mana Masyarakat 5.0 adalah masyarakat yang mengarah pada dunia digital,” ungkapnya kepada Radar Bekasi, Senin (17/5).

Menurut Susetya, akan banyak manfaat dan ilmu baru yang akan diperoleh mahasiswa melalui matkul wajib startup digital tersebut. Perempuan yang juga merupakan salah satu penggiat kewirausahaan generasi muda ini mengaku sangat setuju adanya rencana tersebut.

Lanjut dia, bonus demografinya akan lebih banyak menghasilkan generasi produktif. “Bonus demografi ini akan menjadi sebuah ancaman ketika generasi muda tidak produktif. Salah satu cara untuk bisa menggerakkan generasi muda produktif ialah dengan adanya startup atau inkubator bisnis yang dibangun berdasarkan inovasi dan teknologi,” jelasnya.

Dengan adanya matkul yang mengarah pada orientasi perkembangan teknologi dan informasi dalam rangka kemandirian ini, tegas dia, bukan berarti perguruan tinggi menjadikan mahasiswanya sebagai pedagang. Namun minimal mahasiswa mendapatkan bekal untuk membangun inovasi melalui pengembangan digital.

Wakil Rektor 1 Universitas Bina Insani Shalahuddin menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, dalam kondisi yang saat ini dan ke depan, startup digital memang sudah seharusnya menjadi matkul wajib bagi mahasiswa sebagai bekal pengetahuan untuk menjadi wirausahawan yang berbasis teknologi.

“Memang sangat penting sekali matkul startup digital ini. Selain mengikuti perkembangan digitalisasi, matkul ini juga dapat menjadi bekal untuk mahasiswa ke depannya,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin