Jadi Atlet Renang Sejak SD

Satria Aldino

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa SMPN 2 Kota Bekasi bernama lengkap Satria Aldino sudah menjadi atlet renang sejak SD. Berbagai kejuaraan telah diikutinya, baik tingkat kota maupun nasional.

Remaja berusia 14 tahun ini mengaku, sejak kecil memang sudah diperkenalkan pada dunia renang oleh kedua orang tuanya. “Berawal dari ikut papah renang, terus diajarin  beberapa teknis dasar dan akhirnya dimasukkan ke salah satu klub renang sama papah,” ungkap Satria-begitu ia disapa.


Ketika pertama kali diperkenalkan dengan cabang olahraga akuatik ini, Satria tidak merasa rasa takut dan cemas ketika mencoba dan mempelajari beberapa teknis renang.

“Mungkin untuk pemula takut kupingnya kemasukan air ataupun takut tenggelam. Tapi kalau untuk aku pribadi langsung have fun dan gak ada ketakutan sama sekali,” tuturnya.


Saat ini, dirinya bergabung di klub Bekasi Central Aquatic. Latihan yang dijalaninya  setiap hari pada Senin sampai Sabtu membuatnya telah mampu menguasai berbagai macam teknik renang.

“Alhamdulillah hampir semua teknik renang sudah aku kuasai, seperti teknik gaya renang dada, gaya renang bebas, gaya renang kupu, dan gaya renang punggung,” ucapnya.

Selama mengikuti kejuaraan, dirinya berhasil meraih beberapa prestasi. Antara lain, juara 1 gaya dada 50 m dan juara 2 gaya dada 100 m Wali Kota Cup VIII Yogyakarta tingkat nasional 2021, juara 2 O2SN tingkat Kota Bekasi 2017, juara 3 50 M gaya dada Club Bekasi Open II 2021, dan juara 3 gaya dada 50 M dan juara 3 100 M gaya dada Sprint Renang KU Jawa Barat Open 2018.

Saat ini dirinya sedang melakukan persiapan untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022. Ia berharap tidak ada halangangan, sehingga dapat mewakili Kota Bekasi dalam ajang tersebut.

“Saya berharap bisa mewakili Kota Bekasi dalam Porda Jabar 2022,” pungkasnya. (dew)