Berita UtamaPolitik

Jejen Kembangkan Peternakan di Sukadami

RESES : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti, saat melakukan reses di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Jejen Sayuti, akan mengembangkan peternakan di Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan. Hal itu disampaikan pada saat melakukan resea atau jaring aspirasi di Aula Kantor Desa Sukadami.

Jejen menyatakan reses yang dilakukannya di wilayah Desa Sukadami sudah yang keempat. Dalam reses ini kata Jejen, banyak aspirasi dari masyarakat kaitan dengan permohonan pengajuan untuk di RT-nya masing-masing, seperti pemberdayaan masyarakat.

Dalam upaya melakukan pemberdayaan masyarakat ini dirinya akan mendorong masyarakat untuk melakukan peternakan dan budidaya ikan, sesuai kewenangan yang ada di Komisi II. Menurutnya, usulan untuk pemberdayaan masyarakat ini menjadi program unggulan.

“Saya akan mengembangkan peternakan kambing dan budidaya ikan di Sukadami ini, sesuai permohonan pengajuan di Desa Sukadami,” ujarnya usai melakukan Reses, Selasa (7/12).

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, masyarakat harus menyiapkan sarana untuk melakukan peternakan kambing dan budidaya ikan. Misalkan untuk peternakan kambing, masyarakat harus menyiapkan kandang dan umpannya. Kemudian untuk budidaya ikan, harus dipersiapkan empang (tempat budidaya), jaring, dan lainnya.

Pasalnya, pemerintah provinsi tidak bisa memberikan apa-apa apabila sarananya belum dipersiapkan. “Kami di provinsi belum bisa memberikan apa-apa kalau sarananya belum ada. Jadi harus dipersiapkan dulu sarananya,” jelasnya.

Nantinya, setelah semua sudah dipersiapkan oleh masyarakat atau kelompok yang mau melakukan peternakan dan budidaya, dirinya akan dilaporkan ke pemerintah provinsi. Setelah itu, pemerintah provinsi akan mengundang kelompok ternak maupun budidaya tersebut, untuk mengikuti pelatihan. Bagaimana cara melakukan ternak dan budidaya yang benar, dan lainnya.

“Setelah pelatihan itu kelompok ternak akan dibekali kambing 34 ekor oleh pemerintah provinsi. Begitu juga kelompok budidaya ikan, akan dibekali bibit ikan sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat,” ucapnya. (pra/pms)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button