Uang Semester Program KIP Naik

ILUSTRASI ; Sejumlah mahasiswa UNKRIS saat melakukan diskusi bersama. Tahun ini ada kenaikan uang pada program KIP. ISTIMEWA/RADAR BEKASI
ILUSTRASI ; Sejumlah mahasiswa UNKRIS saat melakukan diskusi bersama. Tahun ini ada kenaikan uang pada program KIP. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI- Khabar gembira bagi mahasiswa penerima Program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pasalnya, pada tahun ini ada kenaikan besaran uang kuliah atau biaya pendidikan hingga mencapai Rp12 juta per semester untuk program studi yang terakreditasi A.

Wakil Rektor 1 Universitas Bina Insani Shalahuddin mengungkapkan, adanya perubahan jumlah biaya KIP tentu akan berdampak positif bagi perguruan tinggi. “Ini merupakan kebijakan yang sangat baik, karena mahasiswa KIP akan sangat terbantu membayarkan biaya pendidikannya ke perguruan tinggi” ujarnya kepada Radar Bekasi Senin, (13/12).


Sebelumnya disampaikan bahwa bantuan KIP mahasiswa dulu disamaratakan besarannya untuk seluruh daerah di Indonesia, yaitu Rp750 ribu/ perbulan. Sehingga dengan adanya kebijakan tersebut besaran bantuannya akan disesuaikan dengan indeks harga di setiap daerah.

Salah satunya diberikan contoh, untuk kota Bekasi sendiri yaitu bantuan hidup mahasiswa tiap bulan saat ini diberikan Rp950.000. Tentu perubahan ini sangat berbeda jauh dengan bantuan yang diterima tahun lalu yaitu Rp700 ribu per bulan dibayarkan sekaligus untuk satu semester.


“Dari perubahan atas bantuan hidup mahasiswa ini, sangat terlihat sekali akan membantu mahasiswa” tuturnya.

Dia mengaku, mahasiswa penerima bantuan KIP pada tahun ini yang ada di universitas bina insani yaitu sebanyak 65 mahasiswa. ” Tahun ini universitas bina insani, memiliki 65 mahasiswa yang mengantongi KIP” jelasnya.

Senada disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan Universitas Krisnadwipayana Susetya Herawati. Dia mengaku, kebijakan tersebut akan membantu para mahasiswa yang mengantongi KIP.”Tentu adanya program ini mahasiswa akan sangat terbantu” ucapnya.

Namun hingga kini mahasiswa penerima KIP di UNKRIS belum ada. Kedepannya mungkin UNKRIS akan mencoba mengajukan bantuan KIP kepada mahasiswanya. ” Memang untuk saat ini bantuan KIP belum diajukan untuk mahasiswa, yang ada hanya Uang Kuliah Tunggal” pungkasnya. (Dew)