BolaOlahraga

Indonesia Bungkam Malaysia 4-1 di Piala AFF 2020

RADARBEKASI.ID, SINGAPURA-Timnas Indonesia akhirnya berhasil membungkam Malaysia dengan skor 4-1 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12) malam dalam laga penentuan Grup B Piala AFF 2020.

Pemain pengganti Elkan Baggott akhirnya berhasil membuat gol debutnya untuk Indonesia.

Bek asal Klub Liga Inggris Ipswich Town itu menambah keunggulan Indonesia, dari 3-1 menjadi 4-1 pada menit ke-82.

Dengan gaya main terbuka yang ditampilkan oleh kedua kesebelasan, serangan demi serangan mampu dilancarkan bergantian oleh kedua tim.

Malaysia yang awalnya tertekan, mampu mengejutkan dengan gol yang dihasilkan oleh Kogileswaran Raj pada menit ke-13.

Gol itu lahir karena Irfan Jaya menyapu bola dengan tidak sempurna dari dalam kotak penalti.

Bola sapuan Irfan Jaya itu kemudian jatuh ke kaki Kogileswaran. Dia sempat menggiring bola, sebelum kemudian melepaskan sepakan kencang dari luar kotak penalti.

Gawang Nadeo Arga Winata akhirnya jebol. Indonesia tertinggal 0-1 dari Malaysia.

Timnas Indonesia berhasil menutup babak pertama dengan unggul 2-1 atas Malaysia di Piala AFF 2020.

Sempat tertinggal 0-1 lebih dahulu, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan kemudian mampu membalikkan kedudukan di penghujung babak pertama.

Irfan Jaya rupanya tak mau larut dalam kesalahan. Dia bekerja keras, terus berlari mencari ruang dan kesempatan akhirnya datang pada menit ke-36.

Memanfaatkan assist dari Witan, Irfan langsung menyepak bola menjadi gol. Skor pun imbang 1-1.

Setelah kedudukan kembali sama, permainan kedua tim ternyata tak berubah. Tempo pertandingan masih berjalan dengan cepat.

Indonesia tampak menguasai permainan, dan semakin termotivasi untuk membalikkan kedudukan setelah mampu menciptakan gol penyeimbang ke gawang Malaysia.

Upaya Tim Merah Putih untuk berbalik unggul akhirnya datang pada menit ke-44. Berawal dari aksi individual yang ciamik dari Pratama Arhan, tiga pemain Malaysia berhasil dikecoh.

Bek kiri Skuad Garuda itu kemudian mengirimkan bola ke depan gawang yang berhasil disambar oleh Irfan Jaya. Gol! Indonesia berbalik unggul 2-1.

Meskipun unggul, Indonesia tak mengendurkan tekanan. Mereka tetap memberikan serangan ke pertahanan Malaysia.

Pada babak kedua, Indonesia mencoba untuk memperkuat tembok pertahanan dengan memasukkan Elkan Baggot.

Indikasi Indonesia mengandalkan serangan balik itu semakin terasa karena yang digantikan ialah winger kiri, Ramai Rumakiek.

Dengan perubahan itu, Malaysia memang terlihat lebih agresif. Namun, barisan pertahanan Indonesia bisa lebih tenang mengantisipasi serangan tersebut.

Justru, dengan bermain enjoy dan tenang, Indonesia mampu membuat Malaysia frustrasi dan gagal menembus pertahanan kukuh Skuad Garuda.

Indonesia dengan serangan perlahan yang dibangun, mampu membuat pertahanan lawan kocar-kacir.

Sebuah kerja sama dari sisi kiri penyerangan, bola kemudian dikirimkan ke tengah dan mampu dikontrol oleh Arhan.

Sempat coba di-sliding oleh pemain lawan, Arhan masih bisa dengan tenang menendang bola yang menembus gawang Che Mat. Indonesia unggul 3-1 pada menit ke-50.

Setelah tertinggal jauh dan sulit mendobrak barisan pertahanan Skuad Garuda, tensi pertandingan menjadi lebih tinggi. Bahkan, permainan menjadi keras menjurus kasar.

Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Kushedya Hari Yudo, berkali-kali dijatuhkan oleh pemain lawan. Tampak pemain Indonesia kini benar-benar bermain menunggu, saat bola Malaysia masuk ke daerah pertahanan Indonesia, barulah pressing ketat diterapkan.

Indonesia semakin jauh memimpin setelah mampu memanfaatkan bola sepak pojok. Evan Dimas yang menjadi penendang, mengirim umpan bola manis manja ke Elkan Baggot yang kemudian mampu disundul dengan sempurna.

Skor 4-1, Indonesia unggul atas Malaysia. (dkk/jpnn)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button