Pendidikan

Juara KKSI 2021

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Muhammad Zuhdi (17) bersama timnya berhasil juara lomba tingkat nasional bertajuk Kamp Kreatif Siswa SMK Indonesia (KKSI) 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan SMK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Proyek inovasi berjudul “Ikan dan Tanaman Sehat Berteknologi IoT” (IDAMAN SEHATI), ditetapkan peringkat ke-3 dari 178 sekolah yang mengikuti. “Lomba sayembara KKSI yang tim kami ikuti itu masuk ke dalam kategori bidang Internet of Things (IoT),” ungkap siswa SMKN 7 Bekasi ini.

Lomba tersebut diikuti dalam dua tahap. Pada tahap  pertama berupa pelatihan secara daring selama satu dan tahap kedua membuat proyek akhir yang kemudian didokumentasikan dalam bentuk video.

Dalam proyeknya kali ini, ada lima keunggulan yang dapat dilihat. Yaitu, sebagai sistem kejernihan air (pH air dan TDS atau zat yang terlarut di dalam air), Automatic Water Change (Pengganti air otomatis), Automatic Fish Feed (pemberi pakan ikan otomatis), Kontrol Lampu UV atau Lampu Aquarium, dan settingan manual parameter alat.

“Proyek yang kami garap selama dua minggu ini memiliki manfaat dapat dikontrol dan dimonitoring melalui handphone dari jarak jauh dengan media internet. Seperti ketinggian aquarium, mengatur PH air maksimal dan minimal dan memberikan waktu pakan,” terangnya.

Proyek tersebut akan dipasarkan melalui platform e-commerce sesuai dengan permintaan konsumen. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi dirinya bersama dengan tim.

“Progresnya akan dipasarkan melalui semua platform e-commerce, jadi semoga saja masyarakat memiliki minat pada proyek kami ini,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button