Bertekad Wujudkan Bekasi Berliterasi

Reza Aufa Rafiki

RADARBEKASI.ID, BEKASI -Reza Aufa Rafiki merupakan Duta Baca sekaligus Ketua Paguyuban Duta Baca Kabupaten Bekasi. Melalui budaya literasi, pria berusia 19 tahun ini bertekad untuk mewujudkan Bekasi yang berbudi pekerti, berkreasi, berinovasi, dan berintegrasi.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia ini akan menjalani masa baktinya selama tiga tahun sejak 2021 sampai dengan 2023.


“Sebenarnya ini merupakan hal yang tidak pernah terbayangkan sama sekali dalam hidup saya, namun karena kecintaan ibu saya terhadap literasi. Jadi saya tertular oleh ibu mencintai literasi,” ungkap Reza- begitu sapaan akrabnya.

Saat resmi menjadi Duta Baca dan Ketua Paguyuban Duta Baca Kabupaten Bekasi, ia bersama dengan rekannya melakukan diskusi mengenai program yang akan diluncurkan kedepannya.


“Beberapa program akan kami luncurkan demi terwujudnya Bekasi yang berliterasi. Insya allah kedepannya akan banyak sekali program yang kita luncurkan dan tentunya program ini telah mendapat dukungan yang positif dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Salah satu program unggulannya ialah “Anak Bekasi Berkarya” yang memiliki makna dan berfokus pada tulisan yang dibuat oleh masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Kami punya salah satu program unggulan yaitu, apapun karya mereka baik itu pantun, puisi, karya tulis, dan sebagainya. Ini akan kita adakan challenge, lalu bagi orang-orang yang terpilih akan mendapat kesempatan karyanya diangkat untuk menjadi buku dan menjadi simpanan di perpustakaan,” terangnya.

Perjalanannya hingga saat ini tentu tidak mudah. Banyak hal yang harus dilewati dan diperjuangkan. Berbagai serangkaian tes harus dijalani dengan sepenuh hati.

“Tentu tidak mudah bisa sampai pada titik saat ini, saya bersyukur selalu mendapatkan support dari orang tua dan kerabat. Terlebih ibu saya yang juga memiliki kecintaan terhadap dunia literasi,” pungkasnya. (dew)