Literasi Sangat Dibutuhkan

Dwiki Rahadian

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penuhi kebutuhan literasi setiap hari, remaja bernama lengkap Dwiki Rahadian (21) ini selalu membawa buku bacaan di manapun dan kapanpun.

Membaca merupakan salah satu dari sekian banyak hobi mahasiswa Politeknik Ketenagakerjaan Jakarta ini. “Kalo bicara hobi, saya memiliki hobi yang cukup bervariasi dari olahraga sampai dengan bermusik. Tapi salah satu hobi yang memang selalu saya lakukan adalah membaca,” ungkap Dwiki-begitu ia disapa.


Buku bacaan tak pernah tertinggal dari dalam tas ransel yang dibawanya setiap bepergian. “Buku bacaan itu gak pernah kosong dari tas ransel yang selalu saya bawa, karena literasi sangat saya butuhkan dimanapun dan kapanpun,” ungkapnya.

Kebutuhannya dalam literasi setiap hari tidak kurang dan senantiasa menyegarkan pikirannya dengan wawasan-wawasan baru. “Saya pastikan kebutuhan literasi saya tidak kurang, karena dengan kebutuhan literasi yang terpenuhi kita bisa memiliki wawasan baru yang menyegarkan pikiran kita sendiri,” ucapnya.


Selain itu banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari pemenuhan literasi. Yaitu dapat mengurangi anxiety dan mampu menjaga stabilitas emosi di dalam diri setiap individu.

Dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 mewajibkan para siswa untuk membaca setiap pagi minimal 15 menit. Namun dirinya selalu menargetkan satu bab atau sub dalam buku setiap harinya.

“Pemenuhan literasi umumnya adalah 15 menit sesuai dengan Permendikbud. Tapi kalau untuk saya sendiri satu hari itu saya target satu bab dengan catatan saya memahami betul-betul apa yang saya baca, tidak hanya sekadar membacanya sekilas saja,” tukasnya. (dew)