UNISMA Bekasi Lantik 1.708 Wisudawan

WISUDAWAN: Sejumlah wisudawan UNISMA Bekasi saat menunggu giliran untuk dilantik. ISTIMEWA
WISUDAWAN: Sejumlah wisudawan UNISMA Bekasi saat menunggu giliran untuk dilantik. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penantian calon wisudawan selama dua tahun akhirnya pecah di perhelatan Wisuda ke-42 Universitas Islam “45” (UNISMA) Bekasi di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor. Bertepatan dengan hari Ibu, UNISMA Bekasi melantik sebanyak 1.708 wisudawan tingkat diploma, sarjana dan magister.

Ribuan wisudawan itu terdiri dari Sekolah Pascasarjana 145, Fakultas Agama Islam 175, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 163, Fakultas Pertanian 14, Fakultas Ekonomi 350, Fakultas Teknik  200, Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa 132 dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 522.


Rektor UNISMA Bekasi Hermanto, menyampaikan rasa bersyukurnya pada kegiatan wisuda ke-42 Unisma yang telah berjalan dengan baik. “Alhamdulillah acara wisuda kali ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga kami berhasil melantik 1.708 wisudawan,” ujar Hermanto dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan sebuah harapannya bahwa kita dapat bangkit, beradaptasi dengan “Kehidupan Baru”. “Meskipun banyak keterbatasan dalam pelaksanaannya karena situasi pandemi Covid-19, kita tetap bersyukur dan menerima dengan lapang dada cobaan dari Allah SWT. Tetap mematuhi aturan pemerintah terkait protokol kesehatan sehingga kegiatan wisuda ini dapat kita laksanakan,” tuturnya.


Menghadapi persaingan kompetitif ini, UNISMA terus berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolog (Kemendikbudristek) yaitu peningkatan daya saing dan mutu lulusan.

“Saat ini UNISMA sedang melakukan pelbagai kajian, pelatihan, seminar dan kerjasama dengan pihak luar terkait implementasi Program MBKM. Mensosialisasikan berbagai beasiswa maupun program MBKM kepada mahasiswa kami, termasuk proses penyesuaian kurikulum yang sedang berlangsung. Kemudian UNISMA Bekasi juga berkomitmen untuk membekali mahasiswa dengan karakter keislaman,” terangnya.

Selain di bidang akademik, UNISMA Bekasi juga mendukung mahasiswa di bidang non-akademik melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).  Diantaranya pada event PON PAPUA 2021, dari 40 atlet yang menyumbang medali ke kontingen Kota Bekasi, 15 diantaranya adalah mahasiswa UNISMA Bekasi. Pada Asean Thailand (2019) Atlet Dayung Bekasi yang berhasil meraih medali emas Nur Meni juga adalah mahasiswa UNISMA Bekasi.

Sementara hadir dalam acara wisuda ke-42 UNISMA Bekasi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya ikut bersuka cita dan mengapresiasi perhelatan acara wisuda offline ini. UNISMA menunjukkan bahwa universitas di Bekasi dapat bertahan dan melakukan adaptasi dengan keadaan pandemi Covid 19,” pungkasnya. (dew)