Pendidikan

Jadi Mahasiswa Sekaligus Pengusaha

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menjadi mahasiswa sekaligus pengusaha dilakoni oleh Muhammad Suhail Arrafi. Remaja berusia 18 tahun ini menjalani bisnis pakaian dengan merek “starreal.co”.

Dirinya mengaku, menjadi seorang pengusaha merupakan keinginannya sejak lama. “Saya memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengusaha, maka dibangunlah sebuah brand clothing kecil ini,” ungkap mahasiswa Universitas Indonesia ini.

Usaha tersebut mulai dibangun pada 2019. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Arrafi-begitu ia disapa- menjalani bisnisnya dengan sistem preorder kepada konsumennya.

“Aku belum punya cukup dana untuk membangun usaha yang besar, makanya aku mulai dari preorder melalui Instagram,” katanya.

Desain kaos maupun hoodie dipajang di akun Instagramnya. Adapun setiap produknya dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp130 ribu – Rp200 ribu.

Yang menarik, desain dari setiap pakaiannya dibuat seorang diri. “Aku itu dari dulu emang pengin banget ide yang aku punya itu bisa dituangkan ke dalam hasil karya dan menurut aku menuangkan hasil karya yang paling tepat saat ini adalah kedalam desain kaos dan hoodie,” terangnya.

Ia berharap, kedepannya bisa meluncurkan katalog yang lebih banyak dari saat ini berjumlah 40. Selain itu, usaha semakin berkembang dan lebih dikenal oleh banyak orang. (dew)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button