Gemar Berdiskusi Hasilkan Karya Tulis Ilmiah

Furkhon Nurdiyanto

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gemar berdiskusi bersama dengan temannya ini membuat remaja bernama lengkap Furkhon Nurdiyanto (18) berhasil membuat sebuah projek karya tulis ilmiah.

Beberapa karya ilmiah dengan topik artificial intelligence dan machine learning ini menghantarkan Furkhon-begitu kerap disapa- meraih sejumlah prestasi membanggakan.


“Jadi dari hasil karya ilmiah yang saya diskusikan bersama dengan tim, berhasil memenangkan beberapa event tentang pembuatan karya ilmiah” ungkap mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) ini.

Lomba karya ilmiah yang diikutinya merupakan hal baru. Sebab, membuat karya ilmiah baru mulai dilakukan saat dirinya memasuki jenjang perguruan tinggi.


“Awalnya saya suka berpikir membuat analogi masalah semenjak saya masuk kuliah di Unsika saya bertemu teman-teman yang suka melakukan riset, semenjak itu saya bersama tim membuat masalah menjadi suatu inovasi dan prestasi,” tuturnya.

Tidak ada kata sulit dalam membuat sebuah karya ilmiah. Justru sebaliknya ia merasa tertantang untuk membuat sebuah karya ilmiah yang lebih baik lagi kedepannya.

“Gak sulit, aku ngerasa ini lebih seru dan menantang,” ucapnya.

Adapun penghargaan yang diraih antara lain, juara 1 Futuru Unpad 2021 dan juara 1 Formadikip Unsika 2021. Saat ini dirinya sedang persiapan mengikuti lomba karya ilmiah lain.

Kedepan, dirinya berharap dapat mempersiapkan diri menjadi seorang data scientist dan bisa melanjutkan pendidikannya S2 di perguruan tinggi luar negeri.

“Meskipun masih semester 2 S1, aku emang udah punya target buat lanjutin pendidikan S2 dengan harapan bisa melanjutkan di luar negeri. Dan bisa membuat startup di bidang teknologi dan energi,” tukasnya. (dew)