Dukung Perluasan Inklusi dan Akses Keuangan bagi UMKM, Nobu Bank Gandeng Akulaku                    

DARI KIRI-KANAN: Satwika Daksawardhana (Head of Funding and Treasury PT Akulaku Finance Indonesia), Efrinal Sinaga (Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia), Suhaimin Johan (Direktur Utama PT Bank Nationalnobu Tbk), dan Deny Ismantara (SME & Commercial Lending Group Head PT Bank Nationalnobu Tbk). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) menandatangani kerja sama penyediaan fasilitas kredit dengan PT Akulaku Finance Indonesia (AFI), salah satu platform penyedia layanan pembiayaan digital terkemuka di bawah naungan Akulaku Group. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan bersama SME & Commercial Lending Group Head Nobu Bank Deny Ismantara dan Presiden Direktur AFI Efrinal Sinaga di kantor pusat AFI Jakarta.

Suhaimin Johan menyampaikan, kerja sama kolaboratif ini didasari oleh kesamaan visi antara Nobu Bank dan AFI dalam mendorong transformasi digital, khususnya dalam penyediaan produk dan layanan keuangan yang mendukung kesejahteraan masyarakat, terutama pelaku UMKM.


“Bagi Nobu Bank, kerja sama ini menjadi wujud dukungan Nobu Bank bagi AFI yang secara konsisten memberikan layanan keuangan inklusif berbasis digital bagi masyarakat luas, termasuk konsumen retail maupun pengusaha atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta para penggiat ekonomi sektor kreatif di Indonesia,” ungkap Suhaimin dalam keterangan tertulisnya.

Sementara, Efrinal Sinaga menyampaikan, fasilitas kredit yang disediakan Nobu Bank memungkinkan AFI untuk semakin memperluas akses masyarakat yang membutuhkan pembiayaan, untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, modal usaha ataupun investasi dalam perluasan usaha sekaligus meningkatkan pertumbuhan bisnis para pelaku UMKM dan industri kreatif.


“Kerja sama ini menambah jajaran mitra perbankan yang selama ini telah bekerja sama dalam penyediaan fasilitas kredit bagi AFI.” ucap Efrinal.

Saat ini, Nobu Bank terus melakukan akselerasi transformasi digital guna mendukung visi OJK dan Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi perbankan nasional. Nobu Bank juga menyadari bahwa untuk membangun pasar digital nasional yang kuat dibutuhkan kolaborasi antar pelaku industri keuangan, baik sektor perbankan maupun non-bank salah satunya dengan perusahaan pembiayaan berbasis teknologi digital.

Kerja sama ini dapat semakin memperluas inklusi keuangan, dengan menjangkau masyarakat dan pelaku UMKM yang selama ini mungkin menghadapi tantangan atau kendala dalam mengakses layanan keuangan salah satunya permodalan. Penandatanganan kerja sama antara Nobu Bank dan AFI adalah awal kerja sama kolaboratif yang akan terus ditingkatkan dalam jangka panjang.

Nobu Bank berupaya terus memperluas kemitraan dengan berbagai pihak dan sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan pelaku industri keuangan digital (fintech) lainnya, khususnya dengan visi yang sama dalam transformasi digital guna mendukung para pelaku UMKM dan industri kreatif untuk terus tumbuh dan berkembang, yang pada akhirnya dapat memperkuat pasar keuangan digital nasional dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  (oke)