LGP Pede Didukung Masyarakat

RAPAT KERJA : Pengurus laskar Ganjar Puan Kota Bekasi, saat foto bersama usai melaksanakan rapat kerja, belum lama ini. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Laskar Ganjar-Puan (LGP) merasa optimis dan percaya diri (Pede) calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Puan Maharani yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang bakal mendapat dukungan dari masyarakat.

Pembina Laskar Ganjar-Puan, Mochtar Mohamad meyakini, jika Pilpres dilaksanakan hari ini, maka pasangan tersebut akan menang. Hal ini berkaca dari survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada dirilis 28 Februari 2022 lalu.


Dalam survei tersebut, Ganjar Pranowo 34,7 persen, Anies Baswedan 23,3 persen, Prabowo Subianto 21,9 persen dan yang belum menentukan pilihan 20,1 persen.”Kalau melihat persentase mas Ganjar dibanding dengan pesaing keduanya Anies Baswedan terpaut dua digit (11,4 persen). Biasanya untuk formasi tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil Pilpres 14 Februari 2024 nanti,” kata Mochtar.

Menurut mantan wali Wali Kota Bekas tersebut, saat ini hanya PDIP yang memiliki tiket tiket untuk mengusung Capres, karena sudah memenuhi syarat ambang batas pencalonan Presiden atau presidential threshold.


Menurut politisi yang kini menjabat pimpinan Bapilu DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, dari perolehan kursi di DPR saat ini kubu oposisi memiliki total 104 kursi, yakni Demokrat 54 kursi dan PKS 50 kursi. Artinya, masih butuh satu partai dari koalisi pemerintah untuk bisa ditarik ke oposisi karena syaratnya 115 kursi.

“Parpol koalisi pemerintah enggan berpindah haluan, karena kebanyakan saya prediksi ikut untuk dukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Artinya, untuk membangun koalisi dari oposisi akan sulit terwujud dalam waktu dekat, karena kepentingan kader di kabinet Jokowi dan gerbong partai terlanjur tertarik magnet mas Ganjar – Mbak Puan,” imbuhnya.

Senada, Ketua Umum DPP Laskar Ganjar-Puan, Nawang Andi Kusuma (NAK) meyakini, partai oposisi akan kesulitan mengusung calon presiden,”Jadi, bukan yakin-yakinan ya karena fakta yang ada sekarang kan oposisi dari dua parpol hanya punya 104, artinya mereka masih butuh koalisi lagi dengan partai dari koalisi pemerintah dan itu akan sulit karena sampai hari ini partai-partai yang ada bersama PDI Perjuangan masih solid,” tuturnya.

Dia menegaskan, saat ini belum ada satu partai mana pun yang sudah berbicara untuk melakukan koalisi, khususnya partai yang ada di koalisi pemerintah.”Intinya, kami sudah optimis bahwa Pemilu 2024 yang layak menjadi penerus kepemimpinan negeri ini, ada ditangan pasangan Mas Ganjar-Bu Puan sebagai Capres dan Cawapres,” tegasnya.  (mhf)