Beri Pengajaran Bahasa Inggris kepada Anak-anak, HMIJ – Volunteer Helat Sosial Project di Bantargebang

BERAKTIVITAS: HMIJ, volunteer, dan anak-anak BGBJ saat melakukan kegiatan social project. ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Himpunan Mahasiswa Inggris STBA JIA (HMIJ) bersama dengan volunteer dari prodi Sastra Inggris menghelat kegiatan social project di The Kingdom of Bantargebang Biji (BGBJ) Bantargebang Kota Bekasi.


Kegiatan social project bertajuk “Jolly Learning with HMIJ” ini rutin diadakan setiap Minggu selama tiga pekan berturut-turut. HMIJ bersama para volunteer yang jumlahnya mencapai 30 orang ini memberikan pengajaran bahasa Inggris kepada anak-anak di BGBJ.

Dalam kegiatan ini, anak-anak BGBJ dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan jenjang pendidikan. Yaitu Preschool (TK), Elementary (SD) dan Middle-high (SMP, SMA).


Ketua Pelaksana Rico Wibowo menjelaskan, program ini menjadi salah satu yang kembali diadakan oleh HMIJ setelah vakum selama tiga tahun karena adanya pandemi Covid-19.

“Kami berharap dapat berkontribusi kembali, dalam dunia pendidikan, khususnya masyarakat sesuai dengan keahlian mereka dalam bidang bahasa Inggris dan sekaligus menumbuhkan rasa empati kepada saudara yang sedang mengalami masa sulit,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (12/7).

Kegiatan social project ini berlangsung dalam tiga kali pertemuan yaitu pada 19 Juni 2022, 26 Juni 2022 dan 3 Juli 2022. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 62 anak-anak.  Dalam pertemuan pertama para peserta diberikan beragam materi. Antara lain, direction seperti go straight, turn around, crossroad.

“Materi direction ini diberikan agar anak-anak bisa memberikan informasi yang jelas dengan bahasa Inggris kepada para pengunjung, khususnya mungkin para bule-bule. Kami juga menyertakan ice breaking dalam setiap pertemuan dengan tujuan supaya anak-anak tidak merasa jenuh ataupun bosan,” terangnya.

Untuk hari kedua hanya diberikan pengembangan materi  dengan volunteer pengajar yang berbeda. Sementara hari ketiga dilakukan preview materi dan permainan.

Pada hari ketiga para volunteer dan HMIJ menutup kegiatan social project dengan makan bersama dan memberikan donasi berupa buku bacaan sebanyak dua kardus dan uang tunai senilai Rp2 juta.

“Tujuan pemberian donasi adalah sebagai kontribusi dari masyarakat STBA JIA kepada anak-anak di BGBJ. Disamping itu, donasi ini akan dialokasikan untuk membantu The Kingdom of BGBJ yang akan segera di relokasi ke tempat yang baru,” tukasnya. (dew)