Disdik Bakal Gelontorkan Rp 525 Juta/Bulan untuk Siswa Sekolah Swasta

Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) akan menggelontorkan Rp 15 Miliar untuk subsidi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bersekolah di Lembaga Pendidikan Swasta.


Kepala Disdik Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan, bahwa tahun ini ada sekitar 3.500 siswa miskin yang bersekolah di swasta akan mendapat subsidi dari Pemkot Bekasi.

Menurutnya, Subsidi berupa uang pangkal gratis dan nantinya perbulan akan dibantu uang subsidi bulanan 150.000 persiswa.


“Saat ini kami sudah MoU dengan Badan Musyawarah Perguruan Suwasta (BMPS) dimana kesepakatannya, menghilangkan uang pangkal dan bantuan subsidi Rp 150.000 perbulan selama tiga tahun,” kata Inay sapaan akrabnya saat ditemui awak media, Kamis (14/7).

Inay menjelaskan, ada sekitar 165 sekolah Swasta yang akan menerima siswa miskin dengan Subsidi dari APBD Kota Bekasi.

Pihaknya juga mengaku, bahwa sekolah negeri di Kota Bekasi masih sangat terbatas sehingga keterlibatan sekolah swasta sangat dibutuhkan.

“Intinya anak bangsa harus sekolah. Tidak usah khawatir jika sekolah di Swasta akan kita bantu subsidinya. Saat ini kita hanya punya 60 SMPN di Kota Bekasi dan setiap Rombongan Belajar(Rombel)hanya 32 siswa. Sehingga tidak dapat menampung lulusan SD dan MI yang jumlahnya sangat banyak,” ucapnya.

Siswa yang akan mendapat subsidi dari APBD Kota Bekasi juga harus memiliki KTP/KK atau domisili di Kota Bekasi. Hal ini agar APBD Kota Bekasi dinikmati warga Kota Bekasi.

“Dari BMPS 165 sekolah swasta akan siap menerima siswa miskin di Kota Bekasi. Harapanya tidak ada anak usia sekolah tidak bisa sekolah karena urusan biaya,” pungkasnya. (pay)