Prestasi POPDA dan O2SN Paling Membanggakan

Maulana Yusuf

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Maulana Yusuf (13) merupakan siswa kelas 9 SMPN 2 Kota Bekasi yang piawai dalam cabang olahraga renang. Dirinya baru saja mendapatkan juara 3 pada cabang olahraga renang gaya punggung putra 50 meter dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kota Bekasi 2022.


Selain itu, Maulana-demikian sapaan akrabnya- juga baru saja meraih beberapa medali pada cabang olahraga renang dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2022 Kabupaten Bekasi.

Medali-medali yang didapatkan antara lain lima medali emas  dalam kategori 1500 meter gaya bebas, 200 meter gaya ganti, 400 meter gaya ganti, 200 meter gaya dada dan 200 meter gaya bebas. Lalu dua medali perak dengan kategori 100 meter gaya kupu-kupu, dan 400 meter gaya bebas. Terakhir dirinya juga mendapatkan satu medali perunggu dengan kategori 50 meter gaya kupu-kupu.


“Seminggu sebelum lomba tuh aku latihannya di push, makannya juga diatur, jam tidurnya juga biar nanti pas tanding itu gak lemes,” ungkapnya.

Namun di hari biasa, Maulana menjalankan latihan seperti biasanya. Ia mengaku, sudah mengikuti klub renang sejak duduk di bangku kelas 5 SD. Dahulu, dia juga pernah mengikuti lomba renang di Karawang.

“Aku dulu tuh pertama kali ikut lomba di Karawang, lomba renang 50 meter kaki bebas. Tapi waktu itu belum menang,” ujar Maulana, menceritakan pengalamannya.

Dirinya mengaku, prestasi yang diraih di POPDA dan O2SN merupakan capaian paling membanggakan karena sulit untuk mendapatkan banyak penghargaan pada ajang perlombaan olahraga tersebut.

Maulana mengatakan, butuh waktu empat tahun menekuni olahraga renang ini dengan latihan yang rutin untuk mendapatkan penghargaan-penghargaan tersebut.

“Aku latihan itu setiap hari bisa pagi atau sore, paling libur cuma Minggu aja,” ujar pelajar yang aktif ekstrakurikuler voli ini.

Dirinya tidak merasa kelelahan karena senang olahraga. Dalam hal belajar, Maulana juga tidak terasa terganggu apalagi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Sebab, dia memiliki teman-teman yang dapat memberitahu informasi kepadanya perihal tugas sekolah yang tertinggal. Setelah lulus dari SMPN 2 Bekasi, Maulana ingin melanjutkan ke SMA Taruna atau SMAN 1 Kota Bekasi.

Lalu, Maulana juga ingin menjadi atlet Jawa Barat. Ia mengatakan setelah ini akan terus menekuni dunia olahraga renang hingga menjadi atlet nasional.

“Aku mau banget ikut Asian Games, soalnya senang ngeliat orang-orang bisa menang di Asian Games jadi aku juga mau ngerasain. Terus juga di Asian Games kan bisa ketemu orang-orang luar negeri, jadi bisa nambah teman dari negara lain,” ujarnya. (cr1)