Berita Bekasi Nomor Satu

5 CARA MEMBUAT NASKAH FILM DRAKOR TERBAIK SEPANJANG MASA

RADARBEKASI.ID Drama Korea atau biasa disingkat drakor merupakan drama televisi di korea dengan format tayangan miniseri dan diproduksi dengan bahasa korea. Drama korea selalu menyajikan alur cerita dengan berbagai genre sehingga menarik minat penonton dari berbagai kalangan. Film Drama yang mengisahkan beragam hal, mulai dari tokoh-tokoh di masa lalu, kisah kerajaan kolosal, dinamika masalah orang modern hingga masalah percintaan.

sehingga membuat kita ingin masuk kedalam film drama tersebut atau membuat film drama seperti drama korea. Didalam drama korea yang Popularitas terdapat pra produksi yang tersusun yaitu pembuatan naskah drama.
Drama merupakan karya fiksi yang ditulis dalam bentuk dialog. Para pemeran lakon drama mementaskan dialog tersebut sesuai tuntunan naskah, petunjuk sutradara, dan arahan tim produksi.
Naskah drama adalah teks tertulis berisi alur cerita yang digambarkan menggunakan dialog-dialog antar tokoh. Berbeda dari naskah cerita, seperti cerpen atau novel, naskah drama tidak mengisahkan cerita secara langsung, melainkan menggunakan dialog para tokoh.

Membuat naskah drama tentu saja harus mengikuti langkah-langkah yang benar dimulai dari pembuatan tema, pesan yang diangkat dan alur yang menarik, apa lagi jika ingin membuat naskah tersebut seperti drama korea, maka berikut 5 Cara Membuat Naskah Film Drakor Terbaik Sepanjang Masa :

1. Menetukan Tema/Ide Cerita

Tema cerita atau ide cerita merupakan inti dasar cerita dari permasalahan yang akan dikemukakan didalam naskah drama tersebut. Tema bisa berupa persoalan moral, etika, agama, sosial budaya, teknologi, hingga tradisi yang terkait erat dengan masalah kehidupan.

Salah satu fungsi tema adalah sebagai sebuah masukan untuk menentukan ide terhadap unsur-unsur lain dalam cerita seperti plot, tokoh dan latar. Dalam menentukan tema film, biasanya pada film drama korea sering kali membuat tema film berdasarkan kisah-kisah yang diadaptasi dari novel, webtoon maupun jaman kerajaan. seorang penulis naskah drama dapat menentukan tema melalui inti pembahasan dalam tulisannya.

2. Menentukan Tokoh dan Karakternya.

Setelah menemukan tema cerita, tahapan selanjutnya adalah menentukan tokoh dan karakter dari cerita tersebut. Penokohan merupakan unsur intrinsik yang mencakup masalah siapa tokoh cerita dan bagaimana perwatakan, sifat, atau karakternya. Di dalam tokoh dan karakter dari drama korea biasanya selalu menampilkan tokoh yang terkenal dan memiliki karakter yang unik serta menarik.

3. Menentukan Plot/ Alur Cerita Drama

Alur atau juga bisa disebut plot merupakan rangkaian peristiwa dalam cerita. Peristiwa-peristiwa dalam alur memiliki hubungan sebab akibat hingga menjadikannya sebuah cerita yang utuh. Namun untuk membuat alur cerita seperti drama korea harus memiliki alur cerita yang tidak mudah ditebak dan selalu memberikan kejutan pada penonton. Selain penampilan aktor dan tema cerita, plot twist jadi salah satu hal yang dinanti-nanti oleh para penonton. Plot twist juga menjadi sebuah kesan yang tak terlupakan bagi para penonton.

4. Membuat Sinopsis Sebagai Gambaran Cerita Dalam Naskah Drama

Selanjutnya membuat sinopsis sebagai ringkasan singkat yang memberikan gambaran isi dari naskah drama. Membuat sinopsis harus memberikan ringkasan yang jelas, memperkenalkan karakter utama, buat garis besar point plot utama dan Identifikasi konflik utama dan umumnya mencakup keseluruhan isi karya mulai dari awal hingga akhir.

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin