Pesan Kepala SMPN 2 Kota Bekasi pada Siswa, Jadikan Hari Kemerdekaan sebagai Acuan Pembentukan Karakter

SEMANGAT: Siswa SMPN 2 Kota Bekasi mengikuti lomba memecahkan balon dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Rabu (17/8). JESICA ARYANTI/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepala SMPN 2 Kota Bekasi Rudy Winarso berpesan kepada peserta didik agar menjadikan hari kemerdekaan sebagai acuan dalam pembentukan karakter dan membangkitkan semangat dalam hal berprestasi seperti halnya semangat para pahlawan yang berjuang memerdekakan bangsa Indonesia.

Pesan itu disampaikan Rudy saat pidato sebagai pembina upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang diikuti oleh sejumlah siswa, guru, staf sekolah, serta perwakilan orangtua siswa di lapangan SMPN 2 Kota Bekasi, Rabu (17/8).


Lebih lanjut Rudy mengatakan, hari kemerdekaan RI ini merupakan tombak sejarah bangsa Indonesia yang membuktikan bahwa Indonesia berhasil menjadi negara yang merdeka selama 77 tahun.

“Kemerdekaan ini bukan pemberian dari para pahlawan, melainkan bukti perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia,” ungkapnya.


Selain kegiatan upacara, SMPN 2 Kota Bekasi juga mengadakan kegiatan lomba dalam memeriahkan HUT ke-77 RI yang diadakan setelah upacara pada Rabu hingga Kamis (17-18/8). Kegiatan perlombaan tersebut tentunya masih diikuti oleh para siswa, guru, karyawan serta orangtua siswa yang hadir.

Terdapat banyak kegiatan lomba seperti lomba balap karung, tarik tambang, memecahkan balon dengan mata tertutup, voli dan masih banyak lagi. Rencana awal kegiatan lomba ini hanya dilakukan sehari pada saat selesai upacara pada 17 Agustus, namun dikarenakan cuaca yang tidak mendukung, akhirnya lomba tersebut ditunda dan dilanjutkan keesokan harinya setelah kegiatan jam mengajar selama kurang lebih 4 jam.

Adanya kegiatan perlombaan yang diikuti oleh warga sekolah ini merupakan hal yang positif. Rudy menyampaikan, selain ikut memeriahkan HUT ke-77 RI adanya perlombaan ini dapat mengingatkan kita akan nilai-nilai kemerdekaan seperti adanya kebersamaan, kekompakan, daya juang serta semangat.

“Dengan perlombaan ini harapannya anak-anak itu mengerti untuk mencapai sesuatu atau untuk menjadi pemenang anak-anak itu harus berjuang dan semangat seperti yang dilakukan pada lomba lomba ini,” ujarnya.

Rudy juga merasa bersyukur Indonesia bisa bertahan sampai dengan usia yang ke-77 tahun. Dirinya pun bangga menjadi warga Indonesia dikarenakan bangsa ini merupakan bangsa yang kaya dan mendukung para warganya untuk berkembang.

Ia berharap kepada para peserta didiknya kelak dapat menjadi warga Indonesia dan siswa yang membanggakan serta amanah dalam menerima tongkat estafet dari para alumni SMPN 2 Kota Bekasi yang berprestasi. (cr1)