5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Supaya Percaya Diri Saat Interaksi Sosial

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kesehatan gigi dan mulut tidak dapat dianggap remeh. Sebab, gigi dan mulut yang dijaga kesehatannya berkaitan erat dengan kesehatan tubuh dan kualitas hidup seseorang.


Berkurangnya kesehatan gigi dan mulut juga mempengaruhi kenyamanan, mengurangi kepercayaan diri hingga berdampak saat berinteraksi sosial.

“Menjaga kesehatan dapat dimulai dari kondisi gigi. Terkadang kita kurang aware. Terbiasa dengan kondisi gigi yang kita punya, padahal ada masalah. Tapi, pas sakit baru nyadar ternyata giginya banyak yang bermasalah,” ungkap drg. Yoga, salah satu dokter gigi dari Vanilla Dental Care.


5 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tetap percaya diri saat berinteraksi sosial:

1. Jaga Pola Konsumsi Makanan

Gaya hidup dan pola konsumsi makanan memiliki peran yang berkesinambungan terhadap kondisi gigi. Sebaiknya diperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam mulut.

Menjaga konsumsi makanan yang sehat, tidak terlalu banyak makan manis. Dan, perlu makanan yang bergizi serta pola hidup yang sehat.

2. Rutin Sikat Gigi yang Benar

Sebagian besar masyarakat belum menyikat gigi dengan baik dan benar. Padahal, menyikat gigi yang benar dapat dilakukan setidaknya dua kali sehari. Saat sebelum tidur dan sesudah sarapan. Boleh juga memakai obat kumur bila perlu.

3. Rutin Periksa Kesehatan Gigi

Sebaiknya selalu cek rutin kesehatan tiap 6 bulan sekali. Karena setiap 6 bulan kadang karang gigi sudah menumpuk atau lubang sudah terbentuk.

Pemeriksaan rutin ini membantu terhindarnya gigi dari kerusakan yang parah. Seperti gigi berlubang yang sudah parah dan infeksi. Sehingga mengganggu aktivitas mengunyah saat makan.

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.

4. Hindari Infeksi Gigi

Drg. Yoga juga mengungkapkan jika terdapat masalah pada rongga mulut dan gigi. Otomatis berpengaruh dengan tubuh karena konsumsi makanan pun ikut terganggu.

Hal itu dapat menjadikan aktivitas tidak nyaman. Parahnya lagi menimbulkan infeksi yang bisa menyebar ke dalam tubuh.

5. Pastikan Lidah Juga Disikat

Diperlukan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, menyikat gigi pun tidak boleh asal. Ketika menyikat gigi, pastikan bagian lidah juga disikat. (mg4)