Ekstrakurikuler Kansas Kembangan Minat dan Bakat Sastra Siswa  

PELATIHAN: Anggota Kansas SMA Negeri 1 Kota Bekasi mengikuti pelatihan pembuatan cerpen. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI Ekstrakurikuler Kantin Sastra (Kansas) SMA Negeri 1 Kota Bekasi berusaha mengembangkan minat dan bakat para anggotanya terhadap sastra melalui sejumlah program. Antara lain dengan menghelat pelatihan pembuatan cerita pendek (cerpen). Selain itu, meresensi novel maupun karya sastra yang diresensi dan diposting melalui sosial media resmi Kansas Smansasi.

“Kalau untuk postingan resensi, kami memang menargetkan setiap minggu memposting resensi-resensi baru. Setiap anggota minimal memposting atau meresensi satu karya, yang kemudian akan kamu posting secara berkala,” ungkap Ketua Umum Kansas Ajeng.


Tak hanya itu, Kansas juga memiliki program lainnya yakni Pelatihan Menulis Kantin Sastra (HAMKA). HAMKA merupakan acara kesusastraan berupa kompetisi sastra dan seminar dengan novelis ternama Indonesia.

Pelaksanaan HAMKA 2022 pun sudah sukses dilaksanakan pada Juli lalu, dengan berbagai lomba seperti lomba baca puisi, berpidato, dan menulis cerpen.  Kegiatan HAMKA bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat pelajar Indonesia terhadap sastra melalui perlombaan.


“Kami berharap melalui sastra bisa mengembangkan potensi yang dimiliki oleh teman-teman dari sekolah lain,” ungkap Ajeng. (mg1)