SMAN 2 Kota Bekasi Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler

OLAHRAGA: Sejumlah siswa SMAN 2 Kota Bekasi mengikuti olahraga di halaman sekolah, akhir pekan lalu. JESICA ARYANTI/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – SMAN 2 Kota Bekasi kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Ekskul menjadi penting bagi peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Solihan SMAN 2 Kota Bekasi mengatakan, pihak sekolah saat ini sedang perlahan mengaktifkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.

“Kita saat ini juga sedang mendata dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan ekskul yang ada,” ungkap Solihan, akhir pekan lalu.


Dalam hal mengurus ekskul, kata Solihan, para siswanya sangat kreatif seperti mereka berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mencari pelatih yang terbaik agar nantinya membentuk sebuah ekskul yang menghasilkan prestasi dan membanggakan. Salah satu upaya siswa dalam meraih prestasi tentunya dengan mengikuti kompetisi atau lomba-lomba yang ada, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Solihan berpendapat, pihak sekolah harus dapat memilih kegiatan yang harus menjadi prioritas. “Tentunya kalau siswa ingin mengikuti lomba, kita akan diskusikan terlebih dahulu dengan pembina apakah kita bisa kirim siswa ke lomba tersebut atau tidak terlebih kalau memang berhubungan dengan lomba yang mengharuskan mengeluarkan uang jadi juga kita harus dapat memilih mana kegiatan yang memang menjadi prioritas utama kita,” ujarnya.

SMAN 2 Kota Bekasi juga terkenal sering mengadakan acara-acara yang kreatif seperti pensi hingga berbagai macam perlombaan yang diperuntukan bagi para siswa atau sekolah-sekolah lainnya.

Dalam membangun kreativitas para siswa, Solihan menyampaikan, jika para siswa ingin mengadakan sebuah acara hendaknya melihat kepada visi SMAN 2 Bekasi yaitu Mulia, Unggul, Kompetitif dan Berwawasan Global.

Dalam mengadakan acara tersebut biasanya para siswa mencari sponsor dan mengadakan kegiatan dana usaha untuk memenuhi beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk acara tersebut. “Dengan begitu juga anak-anak terlatih untuk berwirausaha, tapi tetap kita kasih arahan juga pastinya,” ujar Solihan.

Dirinya berharap dengan aktifnya lagi kegiatan-kegiatan tersebut, para siswa dapat terus meningkatkan kreativitasnya agar dapat mengharumkan nama sekolah pastinya dan lulus nanti dapat menjadi alumni yang membanggakan. (cr1)