Berita Bekasi Nomor Satu

Sky Bridge Revo Town Beroperasi

Illustrasi : Rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) berada di Kawasan Jakasampurna, Kota Bekasi, Minggu (13/2). LRT Jabodebek dengan lintas layanan Cawang-Bekasi Timur memiliki panjang 18,5 km itu direncanakan beroperasi Agustus 2022. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) pada Stasiun Light Rail Transit (LRT) Bekasi Barat dengan transit area sisi Selatan Tol di area parkir Revo Town di simpang Pekayon atau Sky Bridge Revo Town resmi beroperasi. Peresmian dilakukan oileh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto akhir pekan kemarin.

Hadirnya Sky Bridge Revo Town sebagai fasilitas pengguna jalan nantinya akan diteruskan dengan transportasi terintegrasi. “Yang jelas pengguna jalan akan lebih mudah dan aman, selain itu warga dari bagian selatan tol japek juga akan dimudahkan untuk menuju stasiun LRT,” kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Johan Budi Gunawan kepada Radar Bekasi Minggu, (23/10).

Dia mengaku, perencanaan pembangunan sky bridge sendiri sudah disampaikan sejak tiga tahun yang lalu, yaitu pada 21 Oktober 2019 kepada pihak pusat. “Pembangunan ini sudah direncanakan secara matang, dimana pembangunan ini sebagai salah satu pengoptimalan bagi para pengguna transportasi umum LRT nanti,” jelasnya.

Kemudian mengingat rencana pengoprasian LRT sendiri akan dilaksanakan pada tahun depan, berbagai kesiapan dan juga perencanaan transportasi khusus harus dilakukan. “Transportasi terintegrasi ini sedang kami siapkan peta nya, dan itu ditangani langsung oleh kepala bidang angkutan umum,” jelasnya.

Menurutnya fasilitas kendaraan umum yang ada saat ini, harus dioperasikan secara baik. Sebab fasilitas kendaraan umum akan didesain menjadi tranportasi yang nyaman dan juga aman bagi masyarakat.

“Secara bertahap kami ingin layanan transportasi umum menjadi bagian transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Sehingga fasilitas kendaraan umum akan menjadi pilihan yang banyak dicari masyarakat,” ucapnya.

Sekedar diketahui, Sky Bridge merupakan akses penghubung dari Revo Town ke Stasiun LRT Pekayon Bekasi Selatan, LRT penghubung antar Kota, diantaranya meliputi Kota Jakarta, Bogor, Depok dan Kota Bekasi, untuk akses masuk stasiun LRT Bekasi Selatan sendiri, pengguna LRT bisa masuk melalui Mall Revo Town Pekayon Bekasi Selatan.

Sky Bridge dibuat di atas lahan Dirjen Bina Marga, berukuran panjang +63 m dan lebar +6 m, menggunakan konstruksi baja disokong dengan tiang beton. Fungsinya menghubungkan Stasiun LRT di Utara jalan Tol Bekasi di km 13+800, melintasi di atas jalan Tol Jakarta – Cikampek dan berada di bawah Tol Layang (elevated Tol).

Wakil Menteri Perhubungan Mohamad Risal Wasal menyampaikan bahwa Sky bridge itu menciptakan moda transportasi massal untuk meminimalisir kemacetan, dan menurunkan tingkat polusi akibat emisi kendaraan. “Harapannya dengan adanya sky bridge ini dapat meminimalisir kemacetan dan polusi udara,” katanya saat peresmian, belum lama ini.

Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto meyampaikan bahwa Sky Bridge Revo Town itu adalah kebutuhan akan moda transportasi masal yang sangat diperlukan, dan bisa menjadi solusi dalan menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat.

“Kebutuhan angkutan masal memang sangat diperlukan, dikarenakan sudah tampak terlihat kepadatan-kepadatan dijalan raya bukan hanya pada jam sibuk, melainkan di jam normatif pun tampak padat,” tegasnya.(dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin