Fokus Mengembangkan Keterampilan  

Farrel Evan Rhamaindrasta

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Farrel Evan Rhamaindrasta merupakan siswa SMK Karya Guna Bhakti 2 Kota Bekasi. Ia saat ini tengah fokus untuk mengembangkan keterampilannya di bidang komputer khususnya membangun jaringan. Kegiatannya ini bukan semata-mata tanpa tujuan. Siswa kelas 11 jurusan Teknik Komputer Jaringan ini mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari persiapannya untuk melaksanakan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL).

“Persiapan PKL sejauh ini, saya fokus untuk mengembangkan skill di bidang komputer khususnya TKJ  dengan pelajaran utamanya membangun sebuah jaringan. Selain itu untuk persiapan lainnya mungkin, mempersiapkan mental juga,” ungkap pelajar yang biasa disapa Farrel ini.


Tidak hanya fokus untuk mengembangkan keterampilan di bidang komputer, Farrel juga fokus untuk mengulang pelajaran-pelajaran terdahulu seperti desain, coding, perakitan komputer, dan pelajaran lainnya guna menambah serta mengasah keterampilan dan pengetahuannya sebagai siswa SMK.

Meskipun pada awalnya Farel memiliki kesulitan selama pencarian tempat pelatihan yang sesuai dengan bidang dan jurusannya. Namun seiring berjalannya waktu ia pasti akan menemukan perusahaan yang sesuai, seraya dirinya fokus dengan pengambangan skill dan fokus pada pelajaran di sekolah. “Terkadang banyak perusahaan yang menolak anak PKL, apalagi untuk menerima anak PKL atau siswa yang belum memiliki skill. Jadi sekarang saya fokus untuk mengembangkan skill,” tuturnya.


Selain fokus untuk mengembang keterampilan di bidang akademik, Farrel juga aktif berkegiatan pada bidang nonakademik yakni ekstrakurikuler basket. (mg1)