Di Forum B20 Anne Hathaway Saran Libatkan Perempuan di Jantung Pemulihan Ekonomi

Anne Hathaway saat menjadi pembicara pada sesi bertajuk Investing in Inclusive Growth for A Resilient Future. (Dinda Juwita/Jawa Pos)

RADARBEKASI.ID, BALI – Selain Elon Musk, selebritis papan atas Anne Hathaway juga menjadi pembicara dalam forum Business 20 atau B20 pada rangkaian KTT G20 hari ini, Senin (14/11/2022).

Berbicara tentang potensi perempuan dalam ekonomi di Forum B20, Anne menyatakan agar perempuan dilibatkan di jantung pemulihan ekonomi.


Anne menjadi pembicara pada sesi bertajuk Investing in Inclusive Growth for A Resilient Future. Pemeran Mia Thermopolis dalam The Princess Diaries itu adalah UN Women Goodwill Ambassador.

Pada pidatonya, Anne membawa pesan khusus dengan tema Unlocking The Full Potential of Women in The Economy. “Pandemi memberi dampak yang sangat berat bagi perempuan dan anak-anak. Terlebih banyak muncul kekerasan domestik,” ujarnya secara virtual.


BACA JUGA: Jadi Pembicara B20, Elon Musk Dialog Virtual Dikelilingi Lilin

Anne melanjutkan, perempuan juga banyak kehilangan pekerjaan. Kisah pilu itu harus ditambah dengan tekanan ekonomi yang dipicu peningkatan harga berbagai kebutuhan.

“UN Women mengusulkan aksi praktis. Kami harap pemerintah bisa memprioritaskan hak-hak perempuan dan memberikan kompensasi yang adil bagi perempuan,” jelas Anne.

Pada kesempatan itu, ia mendorong agar Presidensi G20 Indonesia ikut melibatkan peran perempuan dalam ekonomi. Berbagai rekomendasi yang dihasilkan juga diharapkan mengakomodir isu-isu strategis terutama bagi perempuan dan anak.

“Kita harus merestorasi apa yang hilang di perempuan dan anak. Kita harus optimalkan inklusitivitas perempuan. Saya mendesak Anda meletakkan perempuan di jantung pemulihan ekonomi,” tutupnya disambut tepuk tangan hadirin. (jpc)