Berita Bekasi Nomor Satu

Bedovers Wadahi Pecinta Anjing

KOMPAK: Sejumlah anggota komunitas Bekasi Dog Lovers (Bedovers) ketika melaksanakan kegiatan komunitas belum lama ini. IST/MG4/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bekasi Dog Lovers (Bedovers) genap berusia delapan tahun 14 Juni lalu. Komunitas yang mewadahi pecinta anjing ini kini sudah memiliki lebih dari 100 anggota.

Bedovers awalnya terbentuk dari sekelompok anak muda yang sering berkumpul bersama anjing kesayangannya di sekitaran Summarecon Bekasi. Hingga beberapa dog lovers mencetuskan ide untuk membentuk Bekasi Dog Lovers (Bedovers).

“Kebetulan pula pada saat itu belum ada komunitas pecinta anjing yang eksis di Bekasi. Akhirnya pada tanggal 14 Juni 2014 resmi sebagai tanggal berdirinya komunitas Bekasi Dog Lovers,” ujar Franky selaku Humas Bekasi Dog Lovers.

Awalnya hanya ada sekira 15 orang, namun seiring berjalannya waktu, kini anggotanya sudah lebih dari 100 orang. Berbagai kegiatan komunitas tak hanya sekadar kumpul namun juga kerap menggelar event hingga program edukasi dan rescue.

“Kegiatan rutin kami gathering setiap hari minggu di CFD Bekasi. Edukasi ke sekolah-sekolah. Kami juga pernah mengadakan event-event seperti camping with my dog, bazaar, event-event fashion show untuk doggy,” tutur Franky.

Lanjut Franky, Bekasi Dog Lovers juga turut andil ketika ada anjing yang butuh pertolongan, “Namun tidak semua laporan rescue bisa kami bantu. Karena pada dasarnya kami bukan tim rescuer. Jadi kalaupun ada tim kami yang bisa bantu rescue itu bersifat individu,”tambahnya.

Dengan eksistensi yang telah ditunjukkan oleh Bekasi Dog Lovers, makin banyak sponsor yang ingin bekerjasama ketika mengadakan event.“Sponsor kami tidak tetap, jadi setiap event sponsornya bisa berbeda-beda, tergantung kesediaan sponsor tersebut yang kami kirimkan proposal,” ungkap Franky.

Melihat kenyataan masih ada saja yang menjadikan anjing sebagai makanan, membuat Bekasi Dog Lovers miris, hal ini pula yang mendorong komunitasnya untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai larangan memakan daging anjing.

“Salah satu misi kita adalah mengkampanyekan bahwa anjing bukan makanan, menuju indonesia bebas dari perdagangan daging anjing. Bahwa mengkonsumsi daging anjing malah rentan akan penyebaran penyakit, komunitas kami menentang sekali terhadap oknum-oknum tersebut,” tegasnya.

Di setiap kesempatan Bekasi Dog Lovers juga selalu mengingatkan bahwa anjing adalah sahabat manusia. Menurutnya, hampir semua anjing-anjing yang dipotong untuk dikonsumsi membawa virus penyakit.

Melalui sosial media mereka juga selalu mengingatkan agar berani bertindak menginformasikan kepada pemerintah apabila menemukan oknum-oknum yang memperjual belikan daging anjing secara terang-terangan.

Mereka juga sudah mulai ikut mensosialisasikan akan pentingnya sterilisasi untuk ikut berpartisipasi dalam menekan jumlah populasi yang berlebihan, meskipun masih ada saja pro dan kontra.

Untuk dog lovers yang berada di daerah Bekasi dan sekitarnya dan ingin bergabung menjadi anggota, mereka sangat terbuka dan bisa langsung menghubungi lewat instagram @bekasidoglovers2014. Tenang saja Bedovers bukan komunitas ras, jadi apapun jenis anjing yang dimiliki dog lovers bisa bergabung, bahkan yang tidak memiliki anjing pun selama pecinta anjing tetap bisa menjadi bagian dari Bekasi Dog Lovers. (mg4)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin