Nobar Mesti Waspada

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Turnamen akbar sepak bola empat tahunan resmi bergulir, pamflet Nonton Bareng (Nobar) di sejumlah tempat di Bekasi mulai bertebaran. Tapi, penyelenggara maupun masyarakat yang datang Nobar perlu waspada terhadap potensi pelanggaran aturan, baik lisensi maupun hal lain di tengah kerumunan massa.

Khusus potensi dalam kerumunan massa dalam jumlah besar, beberapa peristiwa akhir-akhir ini memerlukan kewaspadaan bagi pengunjung maupun penyelenggaranya, seperti pertandingan sepak bola dan konser musik. Hal lain yang mesti diwaspadai adalah potensi penyebaran Covid-19 yang masih terus terjadi akhir-akhir ini, dimana jumlah masyarakat yang terpapar angkanya meningkat.


Data terakhir 21 November 2022, total kasus kumulatif sebanyak 187.084 kasus. Konfirmasi baru 162 kasus, total kasus aktif 1.754 kasus. Total kasus sembuh 184.143 kasus.

Laporan kematian akibat Covid 19 pada tanggal 1 Januari – 20 November 2022 sebanyak 47 jiwa.


Diketahui, Kota Bekasi saat ini berstatus PPKM level satu. Ketentuan melarang kerumunan orang atau kobar secara resmi memang tidak ada, namun petugas baik Satpol-PP maupun kepolisian akan memantau kegiatan Nobar di Kota Bekasi.

Kepala Satpol PP Kota Bekasi, Karto mengatakan menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga situasi ketertiban maupun penyebaran Covid-19 di Kita Bekasi tetap terkendali. Masyarakat diperbolehkan untuk menikmati turnamen akbar sepak bola empat tahunan.

“Mari kita jaga hari ini yang memang wabah virus Covid-19 masih ada, jangan sampai terjadi ledakan (kasus) yang memang bisa merugikan kita semua,” katanya.

Ia meminta masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, termasuk menjaga ketertiban umum. Selama ini kata Karto, petugas di tiap kecamatan rutin patroli, ini juga akan dilaksanakan selama gelaran piala dunia. “Petugas setiap saat muter sampai jam 12 malam di tiap kecamatan,” tambahnya.

Hal yang sama juga dihimbau oleh kepolisian, masyarakat diminta untuk tetap menjaga ketertiban, terutama jika melaksanakan atau menghadiri Nobar. “Laksanakan Nobar dengan tertib dan aman,” kata Kasi Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing. (sur)