Berita Bekasi Nomor Satu

Optimalisasi Kemampuan Bahasa Inggris Dasar Siswa SDN Cisaat, Jawa Barat sebagai Upaya Branding Desa Wisata Edukasi oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat FBS UNJ

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Prodi Sastra Inggris UNJ berkolaborasi dengan Prodi Pendidikan Seni rupa dan Magister Linguistik Terapan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang dalam rangka mewujudkan Desa Cisaat sebagai Desa Wisata Edukasi. Desa Ciasat merupakan wilayah binaan UNJ Kolaborasi ketiga prodi yang diketuai oleh Tesaannisa, M.Hum, dosen Prodi Sastra Inggris FBS UNJ, dijewantahkan dalam pelatihan literasi Bahasa Inggris Dasar untuk siswa SD di Cisaat yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2022. Pelatihan ini merupakan buah dari analisis kebutuhan yang dilaksanakan pada Desa tersebut terkait upaya branding Desa Cisaat sebagai Desa Wisata Edukasi. Kepala Desa Cisaat Bapak Suryana, beliau menyadari pentingnya kemampuan berbahasa Inggris bagi anak-anak terutama dalam menyambut kedatangan turis internasional sekaligus mempersiapkan generasi muda Desa Cisaat menuju desa wisata edukasi. Hal serupa disampaikan oleh Bapak Rahmat Darmawan, selaku kordinator tim pendamping program pengembangan desa wisata kerjasama UNJ, KEMENPAR dan KEMENDES dalam zoom meetings bersama tim PkM.

Diskusi yang dilakukan dengan aparat pemerintahan Desa Cisaat disambut baik oleh ibu Irma Yuniar, M.MPd selaku KSPF SDN Cisaat dengan melibatkan siswa SDN Cisaat sebagai peserta pada kegiatan pengabdian ini. Para peserta terdiri dari siswa kelas 4 SD, spesifikasi peserta tersebut didasarkan kepada keberlanjutan program ini tiga tahun kedepan. Materi program ini disajikan dengan metode eksperimental partisipatori agar para peserta terlibat dan berpartisipasi aktif dengan menggunakan media video interaktif, bernyanyi bersama menggunakan nursery rhymes dan kegiatan menggambar dengan tema “about me and my self” yang diakhiri dengan pemberian hadiah bagi peserta dengan gambar terbaik.

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan kepercayaan diri kepada siswa SD di Cisaat untuk berkomunikasi di dalam Bahasa Inggris. Tim pengabdian yang terdiri dari Tesaannisa, M.Hum., Dr. Rizki Taufik Rakhman, Eko Hadi Prayitno, M.Pd., Eva Leiliyanti, Ph.D, Diyantari, M.App.Ling beserta mahasiswa Pendidikan Seni Rupa dan Sastra Inggris mencoba menanamkan konsep bahwasannya berbahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan. Pada penutup kegiatan, Ibu Irma selaku kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini berkelanjutan guna mencapai hasil yang maksimal.


Solverwp- WordPress Theme and Plugin