Berita Bekasi Nomor Satu

Wacanakan Bangun Kampung Ulos

FASHION SHOW: Model menggunakan baju adat batak fashion show di kegiatan Car Free Day Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan, Minggu (20/11). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Fashion show, tarian dan alat musik ciri khas suku batak diperkenalkan pada gelaran Karnaval Ulos yang dihelat di area Car Free Day, Minggu (27/11).

Acara tersebut juga mengenalkan kain ulos yang turut dikenakan pada gelaran fashion show yang dihadiri Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto.

Ketua Bidang Perdagangan TWUP4 Kota Bekasi Benny Tunggul menjelaskan, suku Batak dengan ciri khas kain ulos nya diperkenalkan ke masyarakat kota Bekasi.

“Pada Minggu kemarin kami memperkenalkan berbagai ciri khas suku Batak, dalam pagelaran fashion show, tarian dan juga alat musik. Kemudian sebagai simbolis kami juga memberikan kain ulos kepada Plt Wali Kota Bekasi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (27/11).

Gelaran karnaval ulos kemarin diadakan dalam rangka hari ulos nasional yang jatuh pada tanggal 17 Oktober.

“Karnaval ulos ini merupakan salah satu bentuk memperingati hari ulos nasional yang jatuh pada tanggal 17 Oktober, karena ulos ini kan menjadi salah satu karya budaya Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan kali ini, di tahun mendatang kota Bekasi akan membangun kampung ulos, yang kurang lebihnya dibangun sama dengan kampung Bali yang ada di Kota Bekasi.

“Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan bahwa, di tahun mendatang rencananya kota Bekasi akan membangun kampung ulos sama dengan kampung Bali yang juga ada saat ini di kota Bekasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, kampung ulos ini rencananya akan menjadi salah satu destinasi baru di kota Bekasi. Dimana dalam kampung tersebut akan terdapat beberapa ciri khas suku Batak yang ditampilkan.

“Ini akan menjadi pembahasan di tahun mendatang, dimana kampung ulos ini akan menjadi destinasi baru di kota Bekasi,” tuturnya.

Selain itu pembahasan lebih lanjut juga disampaikan, dimana kain ulos ini akan dipadu padankan dengan batik khas Kota Bekasi. ” Rencananya kain ulos ini akan dipadu padankan dengan batik khas kota Bekasi, untuk mengembangkan batik kota Bekasi, ” jelasnya

Benny menyampaikan bahwa rencana-rencana ini diharapkan dapat berjalan dengan baik, sehingga kota Bekasi sebagai kota multikultural dan juga multietnis ini dapat menampilkan berbagai macam suku dan budaya di dalam satu kota.

“Kami harapkan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga kota Bekasi bisa menjadi kota yang menyatukan suku dan budaya di dalam satu kota yaitu kota Bekasi,” tukasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin